in

Rupiah Lemah di Perdagangan Pasar Spot

Rupiah Lemah di Perdagangan Pasar Spot
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

pada perdagangan hari ini, Jumat (24/4), rupiah lemah di perdagangan pasar spot. Nilai rupiah lemah melawan dolar Amerika Serikat (AS) di perdagangan pasar spot. Pada pukul 11.00 WIB tadi, rupiah mengalami pelemahan sebanyak 0,65 persen dan bertengger di posisi15.450.

Bahkan di saat pembukaan, rupiah lemah di perdagangan pasar spot. Rupiah dibuka dalam keadaan merosot sebanyak 0,36 persen. Nilai rupiah terus merosot hingga di titik 0,65 persen atau di sekitar titik Rp15.400.

Hampir semua mata uang Asia harus mengalami pemerosotan terhadap dolar AS. Melemahnya rupiah hingga 0,65 persen menyeret rupiah ke posisi terlemah di seluruh Asia.

Nilai dolar AS memang sedang ada di posisi yang kokoh. Dolar sedang kuat di seluruh pasar global dengan Dollar Index mengalami peningkatan sebanyak 0,12 persen.

Hal ini terjadi akibat kegelisahan investor akan krisis ekonomi seperti yang diramalkan IMF menjadi makin nyata. Jika dilihat dari data Kementerian Ketenagakerjaan AS, klaim tunjangan pengangguran di negeri paman Sam itu mencapai 4,43 juta klaim. Walaupun kalim ini lebih sedikit dari minggu sebelumnya yang sebanyak 5,24 juta, akan tetapi jumlah klaim pengangguran di AS sudah mencapai 26,5 juta.

Baca Juga  Perkuat sistem pembayaran, Bank Indonesia Kerja Sama dengan BoT

Meningkatnya jumlah pengangguran ini diakibatkan virus Corona yang terjadi di AS. Dengan adanya virus Corona, AS harus melakukan social distancing dan lockdown untuk menahan laju Corona. Kedua hal tersebut adalah faktor yang penyebabkan jumlah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi tinggi.

Purchasing Managers’ Index (PMI) di seluruh dunia juga mengalami pemerosotan, seperti yang dilansir dari CNBCIndonesia. Indeks AS ada di titik 36,9, padahal pada bulan sebelumnya PMI AS ada di titik 48,5.

Eropa pun merasakan hal yang sama. Indeks PMI di benua Biru tersebut mengalami pemerosotan ke titik 33,6. Jika dilihat dari bulan Maret, nilai PMI sudah merosot sebanyak 10.9 poin.

Asia juga tidak lepas dari penurunan indeks PMI. PMI Jepang ada pada posisi 43,7. Nilai ini adalah nilai terendah sejak April 2019.

Komoditas Ekspor yang Berasal dari Indonesia

Komoditas Ekspor yang Berasal dari Indonesia

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 24 April 2020