in

Sektor Transportasi Terjadi PHK Akibat Corona

Sektor Transportasi Terjadi PHK Akibat Corona
Photo by Hobi industri on Unsplash

Sektor transportasi terjadi PHK akibat Corona. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terjadi akibat adanya PSBB yang diberlakukan serta adanya larangan mudik. Hal ini menyebabkan kemungkinan terjadinya PHK semakin besar.

Sektor Transportasi Terjadi PHK Akibat Corona

Dilansir dari CNBCIndonesia, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan bahwa pemerintah wajib memberikan insentif. Insentif harus diberikan kepada pengusaha transportasi dan orang-orang yang bekerja di bidang transportasi. Hal tersebut harus dilakukan agar perusahaan transportasi umum tidak harus melakukan gulung tikar.

Menurut Djoko, jika insentif tidak diberikan oleh pemerintah, di masa depan pemerintah sendiri yang akan rugi. Oleh karena itu bisnis transportasi harus bisa dipertahankan selama pandemi ini.

Menurut data yang dirilis oleh Direktorat Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, beberapa bagian sektor transportasi merasakan dampak virus Corona. Hal ini dirasakan oleh 346 perusahaan bus antar kota antar propinsi, 56 angkutan travel, dan 1.112 perusahaan bus pariwisata.

Penurunan jumlah penumpang juga terjadi. Jumlah penumpang bus dari keberangkatan mengalami penurunan sebanyak 17,24 persen. Selain itu dari sisi kedatangan juga mengalami penurunan sebanyak 22,04 persen. Penurunan armada bus juga terjadi pada bulan ini. Jumlah armada bus pada bulan Maret mengalami penurunan sebanyak 18,35 persen dibandingkan pada bulan Februari.

Baca Juga  Tingkat Pengangguran Meningkat Selama Pandemi

Penumpang bus juga dilihat mengalami penurunan. Dibandingkan dari bulan Februari, pada bulan Maret lalu jumlah penumpang bus mengalami penurunan sebanyak 19,57 persen atau sebanyak 1.885.943.

Jumlah supir dan asisten bus pariwasata juga harus mengalami penurunan sebanyak 2.428 orang. Selain itu, supir, kapten, dan asisten kapten untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) juga mengalami penurunan sebanyak 3.900 orang.

Kondisi yang sama juga dirasakan oleh jenis transportasi lain seperti kereta, pesawat, dan kapal laut. Oleh karena itu insentif dari pemerintah dirasa perlu diberikan.

5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

Bursa Asia Mayoritas Menguat Karena Wall Street

Bursa Asia Mayoritas Menguat Karena Wall Street