in

Bank Indonesia Masuk Lelang Surat Utang

Bank Indonesia Masuk Lelang Surat Utang
Photo by Muhammad Rizki on Unsplash

Pada hari Selasa (28/4) kemarin BI atau Bank Indonesia masuk lelang surat utang. BI masuk ke dalam pelelangan obligasi pemerintah atau sering juga disebut sebagai Surat Berharga Negara (SBN). Nilai dari SBN BI dimulai dengan penawaran sebesar Rp7,5 triliun.

Bank Indonesia Masuk Lelang Surat Utang

Dikutip dari CNBCIndonesia, Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan bahwa Kementrian Keuangan (Kemenkeu) mengeluarkan indikasi akan penerbitan SBN Rp20 triliun. Nilai dari SBN ini kemungkinan akan dinaikkan hingga sebesar Rp40 triliun. Penawaran yang masuk terhadap SBN ini sudah mencapai Rp44,4 triliun dengan bid to cover ratio sebesar 2,2 kali.

Sebelumnya, BI hanya bisa melakukan pembelian SBN di pasar sekunder. Namun setelah terbit Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1/2020, BI diizinkan untuk mengikuti jual beli di pasar perdana atau mengikuti pelelangan SBN.

Perry juga menyatakan bahwa BI dan Kemenkeu sudah membuat kesepakayan dalam bertransaksi di pasar perdana. Kesepakatan tersebut menyatakan bahwa BI bisa melakukan pembelian hingga 25 persen dari target yang ada. Jika target indikatif bisa melonjak hingga Rp40 triliun, BI bisa melakukan pembelian SBN hingga Rp10 triliun.

Baca Juga  4 Keuntungan Menabung di Digital Banking

Ia juga menambahkan bahwa BI akan mendahulukan pelaku pasar dalam bidding. Pada perdagangan kemarin, BI melakukan bidding sebesar Rp7,5 triliun. Sehingga dari jumlah penawaran Rp44,4 triliun tersebut, Rp7,5 triliun berasal dari dana BI.

Berdasarkan lelang yang terjadi pada hari Selasa kemarin, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengambil di bawah target indikatif yang ada, yaitu sebesar Rp16,2 triliun. Hal ini memberikan indikasi bahwa pemerintah Indonesia akan mengadakan opsi lelang tambahan atau yang sering disebut dengan greenshoe option.

Perry menjelakan bahwa imbal hasil dari rata-rata SBN sepuluh tahun adalah sebesar 8,08 persen. Selain itu BI akan mengajukan bid di greenshoe option yang terjadi. Bid yang dilakukan BI pada sesi tersebut bisa hingga Rp7,5 triliun lagi. Akan tetapi semuanya tergantung kepada pemerintah Indonesia, apakah bid tersebut bisa diterima atau tidak.

3 Strategi investasi saham untuk pemula

3 Strategi Investasi Saham Untuk Pemula

REVIEW BROKER: Mega Growth Futures

REVIEW BROKER: Mega Growth Futures