in

IHSG Kembali Ditutup di Zona Hijau

IHSG Kembali Ditutup di Zona Hijau
Photo by Chris Liverani on Unsplash

Perdagangan di bursa saham Indonesia pada hari ini, Jumat (1/5) ditutup karena libur hari buruh. Akan tetapi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup di zona hijau pada perdagangan kemarin, Kamis (30/4). IHSG ditutup dalam keadaan mengalami penguatan sebanyak 3 persen dan berhasil melewati level psikologis di kisaran level 4.600. Faktor yang menyebabkan IHSG mengalami penguatan tak lain adalah optimisme investor asing akibat adanya perkembangan positif obat Corona.

IHSG Kembali Ditutup di Zona Hijau

Pada penutupan perdagangan kemarin, IHSG kembali ditutup di zona hijau. IHSG ditutup dengan mengalami penguatan sebanyak 3,21 persen atau sebanyak 146,55 poin. IHSG berhasil duduk manis di level 4.713,877. IHSG meningkat dengan drastis pada perdagangan sesi II kemarin. Hal dikarenakan investor asing banyak yang melakukan net buy atau beli bersih.

Dikutip dari CNBCIndonesia, ada sekitar 246 saham yang mengalami penguatan pada perdagangan kemarin. Saham yang mengalami pelemahan ada sebanyak 146 saham dan saham yang stagnan ada sebanyak 138 saham. Jumlah volume perdagangan yang terjadi pada perdagangan kemarin mencapai 6,5 miliar unit saham yang bergerak sebanyak 508.381 kali. Jumlah transaksi yang terjadi juga cukup drastis yaitu sebanyak Rp7,3 triliun.

Baca Juga  Resesi Menyapa Ekonomi Dunia, Bagaimana Kabar RI?

Pada perdagangan kemarin, jumlah net sell yang dilakukan oleh investor asing di perdagangan sesi I mencapai Rp129,4 miliar. Akan tetapi di perdagangan sesi II, investor asing melakukan pembelian besar-besaran hingga net buy yang terjadi mencapai Rp7,7 miliar. Sampai akhir penutupan sesi II, jumlah net buy yang dilakukan oleh investor asing mencapai Rp304 miliar.

Saham yang menjadi target bagi investor asing adalah saham-saham sektor perbankan. Hal ini bisa dilihat dari saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang meroket tajam sebanyak 6,6 persen. BBCA dibanderol sebesar Rp25.850 per saham. Saham PT Bank Negara Indonesia (BBNI) juga mengalami peningkatan pada perdagangan kemarin. BBNI meningkat sebanyak 9 persen dan dibanderol sebesar Rp4.100 per saham. Saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) \mengalami peningkatan yang paling tajam sebanyak 11,6 persen dan dihargai Rp4.460 per saham.

Pengertian dari Analisis Teknikal Saham

Pengertian dari Analisis Teknikal Saham

Harga Minyak Masih Terus Meningkat

Harga Minyak Masih Terus Meningkat