in

Harga Emas Ambrol Lagi Pada Hari Ini

Harga Emas merosot
Photo by hamiltonleen on Pixabay

Pada perdagangan hari ini, Selasa (5/5) harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) ambrol lagi. Harga emas antam mengalami penurunan sebanyak 0,12 persen atau sebanyak Rp1.000. Harga emas pada hari ini dibanderol sejumlah Rp864.000 per gram. Pada perdagangan kemarin, harga emas dibanderol sebesar Rp865.000 per gram.

Di perdagangan kemarin, harga emas juga sudah mengalami penurunan. Emas Antam mengalami penurunan harga sebanyak 0,23 persen atau sebanyak Rp2.000.

Dikutip dari CNBCIndonesia, harga logam mulia ukuran 100 gram juga mengalami pelemahan sebanyak 0,12 persen. Harga emas ukuran 100 gram milik Antam pada hari ini dibanderol sebesar Rp86,4 juta.

Emas ukuran 100 gram adalah emas yang sering dijadikan sebagai acuan dalam transaksi global.

Harga khusus emas ukuran 1 gram mau tidak mau juga mengalami depresiasi. Harga emas 1 gram Antam mengalami penurunan sebanyak Rp1.000 dan dibanderol dengan harga sebesar Rp913.000 per gram.

Harga buyback emas Antam juga kembali ambrol di hari ini. Harga buyback emas mengalami penurunan sebanyak 0,12 persen atau sebanyak Rp1.000 dan dihargai sebesar Rp812.000 per gram.

Baca Juga  Pasar Saham Tidak Stabil, Harga Emas Berpotensi Naik

Menurunnya harga emas ini karena harga emas dunia juga mengalami penurunan. Pada pagi ini, harga emas global mengalami penurunan hingga 0,15 persen dan dihargai sebesar US$1.699 per troy ons.

Faktor yang membuat menurunnya harga emas global adalah adanya sentimen akibat dilonggarkannya lockdown di beberapa negara. Negara-negara yang melonggarkan lockdown antara lain adalah Amerika Serikat (AS), negara-negara Eropa, India, dan Thailand. Dengan dilonggarkannya lockdown, kemungkinan roda ekonomi akan bergerak lagi juga makin besar. Hal ini juga akan memperbesar harapan bahwa pemulihan ekonomi dunia akan segera dimulai.

Harga emas spot dunia sempat menguat sebanyak 0,4 persen pada perdagangan Senin kemarin. Harga emas pada penutupan perdagangan kemarin adalah sebesar US$1.705,62 per troy ons. Hal yang sama juga terjadi pada harga emas berjangka. Harga emas berjangka mengalami penguatan sebanyak 0,7 persen dan dibanderol dengan harga US$1.717,30 per troy ons.

Perang dagang AS-China

Perang Dagang AS dan China Mungkin Terjadi

Rupiah kembali lemah

Rupiah Kembali Lemah di Hadapan Dolar AS