in

Emas Antam Stagnan, Ini Alasannya

Emas Antam Stagnan
Photo by flaart on Pixabay

Harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) berjalan dalam kondisi stagnan pada perdagangan hari ini, Rabu (6/5). Harga emas dibanderol sebesar Rp854.000 per gram, sama dengan perdagangan pada Selasa kemarin.

Pada perdagangan kemarin, harga emas sempat mengalami penurunan sebanyak 0,12 persen atau sebanyak Rp1.000 dibanding harga pada perdagangan Senin.

Menurut data yang dirilis oleh CNBCIndonesia, harga emas antam yang berukuran 100 gram juga masih stagnan. Harga emas ukuran 100 gram tersebut dibanderol sebesar Rp86,4 juta per batang emas. Emas ukuran 100 gram adalah jenis yang digunakan dalam transaksi emas secara umum.

Harga emas ukuran 1 gram juga masih flat, sama dengan posisi kemarin. Harga emas ukuran 1 gram khusus Antam masih ada posisi Rp913.000 per gram.

Akan tetapi, harga buyback emas Antam malah mengalami peningkatan sebanyak 0,12 persen atau sebanyak Rp1.000. Harga buyback emas antam dihargai sebesar Rp813.000 per gram. Harga ini adalah harga yang harus dibayar oleh Antam kepada pemilik ketika pemilik menjual emas tersebut.

Baca Juga  IHSG Merosot Jauh ke Level 5.279

Harga emas global di pasar spot malah mengalami penurunan di perdagangan hari ini. Per pukul 09.40 WIB tadi, harga emas global di pasar spot mengalami penurunan sebanyak 0,17 persen atau dibanderol sebesar US$1.703 per troy ons.

Harga emas global di pasar spot juga mengalami penurunan pada perdagangan hari Selasa. Hari Selasa kemarin, harga emas mengalami penurunan sebanyak 0,1 persen. Emas berjangka mengalami pelemahan yang lebih tajam, yaitu sebanyak 0,4 persen.

Menurunnya harga emas global dan stagnannya harga emas antam disebabkan oleh beberapa faktor. faktor tersebut antara lain adalah menguatnya risk appetite investor di dalam perdagangan. Alasan menguatnya risk appetite investor adalah sudah mulai dilonggarkan lockdown atau pembatasan wilayah di berbagai belahan dunia. Negara-negara yang sudah melonggarkan lockdown antara lain adalah Amerika Serikat (AS), negara-negara Eropa, India, dan Thailand.

Nilai tukar Rupiah berhasil melawan Dolar Amerika Serikat (AS)

Nilai Tukar Rupiah Berhasil Melawan Dolar AS Hari ini

IHSG Bergerak fluktuatif

IHSG Bergerak Fluktuatif Karena Lockdown Longgar