in

Harga Bitcoin Mungkin Terbang Layaknya Harga Emas

harga bitcoin
Photo by André François McKenzie on Unsplash

Dalam satu minggu terakhir ini, harga bitcoin terus mengalami penguatan, bahkan selalu berjalan di tren meningkat. Meningkatnya harga bitcoin ini dikarenakan akan adanya rencana halving yang dilakukan pada 17 Mei 2020 mendatang.

Dilansir dari CNBCIndonesia, halving adalah salah satu proses dalam pemrograman dengan melakukan pemangkasan pendapatan penambang bitcoin. Proses ini dilakukan dengan cara melakukan penguraian terhadap alogaritma matematika yang digunakan untuk menghasilkan bitcoin. Jumlah imbalan yang diterima oleh penambang bitcoin pada saat ini adalah 12,5 BTC per blok. Jika sudah terjadi halving, jumlah imbalan yang diterima penambang akan menjadi 6,25 BTC per blok.

Proses dilakukannya halving ini adalah proses yang terjadi 4 tahun sekali. Proses ini juga sudah ditulis dalam kode yang menjadi pondasi dari bitcoin itu sendiri. Tujuan utama dari dilakukannya halving ini adalah menjaga niali bitcoin dari terjadinya inflasi. Dengan adanya halving, jumlah bitcoin yang beredar akan berkurang dan membuat pasar bitcoin akan menjadi terdongkrak.

Pada hari Selasa (5/5) lalu, bitcoin masih diperdagangkan dengan nilai yang lumayan tinggi, yaitu sebesar US$9.040 per koin atau Rp135,6 juta per koin. Harga bitcoin tersebut mengalami peningkatan sebanyak 3,98 persen dalam 24 jam sebelum perdagangan pada hari Selasa.

Baca Juga  eToro Meluncurkan Perdagangan Cryptocurrency di 31 Amerika Serikat

Akan tertapi, harga tersebut masih jaauh dari harga tertinggi yang pernah diperoleh bitcoin. Pada bulan Desember 2017, nilai bitcoin pernah menyentuh US$20.000 per koin. Setelah terjadinya profit taking yang dilakukan investor nilai bitcoin turun sampai menyentuh titik US$3.000

Akan tetapi, kemungkinan nilai bitcoin akan meningkat setelah halving tidak selalu terjadi. Hal ini dapat dilihat dari dilakukannya halving pada tahun 2012. Saat itu, nilai bitcoin mengalami peningkatan yang cukup besar, yaitu sebanyak 34 persen sekitar sebulan setelah terjadinya halving. Nilai bitcoin berubah menjadi US$12,5 per koin.

Pada Juni 2016 halving dilakukan lagi, namun nilai bitcoin malah mengalami penurunan. Sebelum halving, mnilai bitcoin meningkat sebanyak 45 persen, akan tetapi setelah halving malah menurun sebanyak 30 persen.

Pengertian Elliott Wave yang Harus Dipahami Trader Pemula

Cara Trading dengan Elliott Wave yang Mudah

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 08 Mei 2020