in

Maskapai Penerbangan Kembali Beroperasi di Yogyakarta

maskapai penerbangan
Photo by Macau Photo Agency on Unsplash

Empat maskapai penerbangan menyatakan siap kembali beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta. Bandara Internasional Yogyakarta menyatakan bahwa mereka siap memberikan pelayana kepada penumpang dengan standar yang sudah diterapkan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Dilansir dari Kompas, PTS General Manager YIA PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama mengatakan bahwa bandara tersebut sudah melaksanakan penerbangan untuk repatriasi. Jika hal tersebut sudah bisa dilakukan, penerbangan akan dilakukan tanpa pengecualian.

Empat Maskapai Penerbangan yang Siap Terbang

Menurut Agus, sudah ada empat maskapai penerbangan yang sudah melayani penerbangan sejak 26 April yang lalu. Maskapai tersebut adalah Garuda, Sriwijaya Air, AirAsia dan Citilink.

Garuda akan melayani penerbangan sebanyak 15 kali dimulai dari 8 Mei hingga 1 Juni. Sriwijaya Air mengajukan empat kali penerbangan. penerbangan tersebut lebih banyak dikhususkan untuk penerbangan kargo. AirAsia mengajukan akan melakukan penerbangan sebanyak enam kali. Penerbangan tersebut akan dilakukan pada 18 Mei hingga 23 Mei untuk menerbangkan repatriasi yang ada di Kuala Lumpur. Citilink akan melayani sebanyak 96 penerbangan. Akan tetapi Agus masih menunggu kesiapan dari maskapai penerbangan tersebut.

Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 5 Februari 2020

Agus menyatakan bahwa izin penerbangan ini adalah salah satu bentuk dukungan PT Angkasa Pura I terhadap surat edaran yang dirilis oleh pemerintah Indonesia. Ia menambahkan bahwa Angkasa Pura I sudah menyiapkan beberapa titik penjagaan dan pemeriksaan di Bandara Yogyakarta. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang dirilis pemerintah dalam  Surat Edaran kementrian Perhubungan Nomor SE 31 Tahun 2020 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara.

Dalam surat tersebut, pemerintah menyatakan bahwa harus ada titik penjagaan dan pemeriksaan calon penumpang penerbangan. Hal ini menyebabkan Bandara Internasional Yogyakarta mulai mempersiapkan berbagai posko di bandara.

Agus menegaskan bahwa penumpang yang akan terbang harus mempersiapkan berbagai protokol sesuai dengan ketentuan dalam surat edaran tersebut. Selain itu, ada tiga kriteria penumpang yang bisa melakukan penerbangan. Kriteria tersebut adalah penumpang yang menjadi wakil pemerintah atau swasta, penumpang yang akan berobat atau ada anggota keluarga yang meninggal, dan pemulangan WNI, pelajar, atau orang dengan kebutuhan khusus.

pandemic bond

Pandemic Bond Tidak Jadi Dirilis Pemerintah

Terbang menggunakan citilink

Terbang Menggunakan Citilink, Siapkan Dokumen Ini