in

Status Sektor Keuangan RI Memburuk

Status keuangan
Photo by EmAji on Pixabay

Menurut Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KKSK), status sektor keuangan Ri sedang memburuk. Mereka menyatakan bahwa kondisi sektor keuangan RI sekarang berubah menjadi level waspada. Padahal, pada kuartal sebelumnya (kuartal IV 2019), statusnya masih berada pada level normal.

Status Sektor Keuangan RI

Dilansir dari CNBCIndonesia, Sri Mulyani menyatakan bahwa stabilitas sistem keuangan Indonesia hingga akhir Maret ada dalam level waspada. Hal ini membuat KKSK harus melakukan rapat berkali-kali dengan kabinet. Hasl dari rapat tersebut adalah landasan dari penyusunan Perppu Nomor 1/2020.

Akan tetapi, masih ada secerah harapan terhadap kondisi keuangan Indonesia. Menurut Sri Mulyani, kondisi keuangan RI akan kembali membaik setelah kuartal I 2020. Ia menyatakan bahwa sektor keuangan akan kembali terihat stabil. namun, Ia berkata bahwa pemerintah dan KKSK akan berusaha untuk tetap waspada dan tidak lengah.

Optimisme ini bisa dilihat dari besarnya minat pelaku pasar terhadap lelang obligasi pemerintah yang dilakukan beberapa hari yang lalu. Pada lelang yang diadakan 5 Mei yang lalu, pemerintah berhasil meraup dana sebanyak Rp5,5 triliun pada lelang pertama. Sedangkan pada greenshoe option atau lelang kedua yang diadakan 6 Mei kemarin, pemerintah berhasil meraup dana sebanyak Rp2,2 triliun. Selain itu, Bank Indonesia (BI) juga melaksanakan priveate pacement. Hal ini membuat total dana yang diperoleh mencapai Rp11,5 triliun.

Baca Juga  Rupiah Ada di Posisi Terburuk di Asia

Sri Mulyani menyatakan bahwa salah satu alasan yang menjadi sentimen positif di pasar adalah munculnya Perppu No. 1/2020. Dalam Perppu tersebut, muncuk regulasi baru akan kewenangan dan kebebasan bagi institusi yang ada di KKSK untuk melakukan penangan terhadap penyebaran virus Corona di sektor keuangan Indonesia. Dengan dilakukannya mekanisme yang tertera dalam Perppu tersebut, pasar menjadi lebih tenang di tengah gonjang ganjing pandemi Corona yang tak kunjung usai.

Dikutip dari worldometers, jumlah kasus virus Corona di Indonesia per Senin (11/5) pukul 10.31 WIB adalah sebanyak 14.032 kasus. Jumlah pasien yang meninggal dari virus ini ada sebanyak 973 orang. Jumlah pasien yang sembuh terus mengalami peningkatan hingga mencapai 2.698 orang.

 

bursa asia terjun bebas

Prediksi Laju IHSG Efek Bursa AS Kembali Sehat

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 11 Mei 2020