in

The Fed: Resesi karena Corona Akan Lama

Resesi Ekonomi

Menurut Gubernur The Fed (bank sentral AS) Jerome Powell resesi ekonomi yang terjadi karena Corona akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini membuat The Fed harus melakukan tindakan drastis dengan cara meminta kongres dan gedung Putih untuk bertindak lebih cepat dan efisien.

Hal tersebut dilakukan The Fed agar dampak dari pandemi Corona terhadap ekonomi bisa segera tertangani.

Resesi karena Corona

Dilansir dari Kompas, The Fed sebelumnya sudah  membuat beberapa strategi untuk mengatasi efek Corona secara jangka panjang. Hal itu membuat perekonomian negeri Paman Sam tersebut masih bisa bergerak perlahan.

Akan tetapi The Fed mengingatkan bahwa Corona akan membuat banyak bisnis dan perusahaan kecil akan mengalami kebangkrutan. Dengan tingginya kebangkrutan, tinggi pula tingkat pengangguran yang akan terjadi.

Powell berkata bahwa pemerintah AS harus melakukan segala cara agar tingkat pengangguran menjadi makin kecil.

Bahkan Ia berkata bahwa pemerintah AS perlu mengeluarkan bantuan dalam bentuk insentif perpajakan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kondisi ekonomi AS untuk jangka waktu yang panjang.

Baca Juga  Gawat! Hong Kong Sudah Resesi, Apakah Berimbas ke Indonesia?

Powell sadar bahwa dengan adanya bantuan fiskal tersebut, harga yang dibutuhkan tidaklah main-main.

Pernyataan yang diberikan Powell ini muncul setelah ketua DPR AS nancy Pelosi meminta tambahan pengalokasian dana untuk negara bagian sebanyak US$3 triliun.

Dana tersebut akan digunakan untuk bantuan sosial (bansos) yang akan diberikan untuk tenaga medis dan rumah tangga yang membutuhkan.

Di sisi lain, Donald Trump masih belum menyetujui penambahan dana tersebut. Ia masih menunggu bagaimana efek dari stimulus pertama yang telah diberikan.

Bahkan, pemimpin partai Republik cukup skeptis dalam menghadapi permintaan penambahan anggaran dana.

Pimpinan Senat Mitch McConnell menyatakan bahwa penambahan dana insentif dinilai bukan hal darurat yang harus dilakukan dalam waktu dekat.

Powell tetap bersikeras bahwa resesi ekonomi karena Corona ini akan berlangsung cukup lama. Selain itu proses pemulihan juga akan berlangsung lebih lama daripada perkiraan.

Menurut Powell, resesi akan terjadi lebih dalam daripada perkiraan. Hal tersebut akan merusak kapasitas produktif yang akan terjadi.

Iuran BPJS Kesehatan naik

Iuran BPJS Naik per 1 Juli 2020, Berikut Rinciannya

ronde baru perang dagang

Ronde Baru Perang Dagang Kemungkinan Dimulai