in

Penormalan Kegiatan Ekonomi Didukung Pengusaha

New Normal
Photo by Gede Suhendra on Unsplash

Banyak pelaku usaha yang setuju akan kebijakan penormalan kegiatan ekonomi walaupun virus Corona masih belum hilang sepenuhnya dari Indonesia.

Akan tetapi, pelaku usaha meminta kebijakan tersebut dilakukan sesuai dengan protokol pencegahan virus COVID-19 dengan baik.

Dukungan Pengusaha akan Penormalan Kegiatan Ekonomi

Dilansir dari CNNIndonesia, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Perdagangan Benny Soetrisno menyatakan bahwa masyarakat masih banyak yang melanggar aturan pencegahan tersebut.

Bahkan, di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di beberapa daerah, aturan tersebut terkadang tidak dijalankan dengan baik oleh masyarakat.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Banyak masyarakat yang bekerja dengan upah harian sehingga hal ttersebut perlu dilakukan agar tetap bisa bertahan hidup.

Benny juga menyatakan bahwa perusahaan akan siap melakukan penyesuaian dengan pelonggaran aturan yang telah diberlakukan.

Pelonggaran tersebut adalah warga yang di bawah 45 tahun tidak ada larangan untuk bekerja.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran virus Corona, perusahaan harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 15 Mei 2020

Hal tersebut antara lain adalah mencuci tangan, menggunakan masker, tetap ada jarak antara karyawan, dan lain sebagainya.

Kondisi seperti ini bisa jadi akan menjadi “new normal” di Indonesia. Kondisi normal seperti sebelum terjadinya pandemi dirasa tidak mungkin dirasakan kembali.

Benny menilai bahwa dengan diadakannya aturan tersebut, perputaran roda ekonomi di Indonesia akan kembali bergerak.

Hal tersebut dilakukan karena pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 mengalami penurunan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia turun ke level 2,97 persen.

Pemerintah Indonesia bahkan memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal II akan jauh lebih buruk. Hal ini karena berhentinya perputaran roda ekonomi yang diakibatkan oleh pembatasan sosial.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani juga mendukung akan keputusan tersebut.

Dukungan tersebut diluncurkan karena banyak yang tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Masyarakat juga hanya bisa berpangku tangan untuk menunggu selesainya penelitian akan vaksin Corona.

Akan tetai Shinta menyatakan bahwa pengusaha masih peduli akan aspek kesehatan di tengah pandemi ini. Oleh karena itu, aktivitas normal akan kembali dilakukan di zona yang sudah menghijau atau yang kurvanya sudah landai.

Baca Juga  Peluang Bisnis Mobil di Tengah Pendemi Covid-19
Restrukturisasi kredit sulit

Restrukturisasi Kredit Sulit Keluh Pelaku Usaha

Saham bank dijual

Saham Bank Dijual Warren Buffett, Kenapa?