in

Lion Air Cicil dan Tunda THR karena Efek Corona

tunda thr
Gambar oleh fietzfotos dari Pixabay

Lion Air mau tidak mau harus tunda pembayaran THR (Tunjangan Hari Raya) untuk para karyawan di Lebaran tahun ini. Hal ini dilakukan agar Lion Air tetap terbang setelah pandemi usai.

Lion Air Tunda Bayar THR

Dilansir dari CNNIndonesia, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menyatakan bahwa hal tersebut dilakukan setelah melihat kondisi perusahaan yang terkena efek Corona.

Pilihan berat ini terpaksa dilakukan oleh Lion Air agar maskapai penerbangan ini bisa bertahan di saat pandemi ini usai.

Danang menyatakan bajwa THR hanya akan diberikan kepada pegawai dengan penghasilan yang sama dengan UMR.

THR akan difokuskan kepada tenaga kebersihan, keamanan, pengemudi, porter, dan beberapa staf lainnya.

Namun, jumlah THR yang diberikan juga tidak penuh. THR terpaksa dilakukan dengan cara dicicil.

THR direncanakan akan diberikan secara utuh jika operasional penerbangan sudah kembali normal seperti dulu. Dimana jumlah penumpang dan jumlah penerbangan sudah kembali normal.

Untuk pegawai dengan penghasilan level menengah, seperti awak kabin, staf, dan mekanik, Lion Air harus tunda dulu pemberian THR kepada mereka.

Baca Juga  Serangan Dagang China Terhadap Australia, Pemicunya?

THR akan diberikan kepada pegawai tersebut jika penerbangan di Indonesia sudah kembali normal dan kondisi keuangan perusahaan sudah stabil.

Pun dengan kelompok pegawai yang memiliki penghasilan tinggi seperti awak kokpit (pilot, co-pilot), manajemen dan pejabat struktural.

Pegawai dengan penghasilan tinggi akan mendapatkan THR jika keadaan sudah kembali normal seperti dulu dan kondisi keuangan sudah stabil.

Walaupun adanya penundaan THR, Lion Air masih belum berpikir untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

PHK tidak dilakukan dengan pertimbangan bahwa ada sekitar 29.000 karyawan yang menggantungkan kehidupannya di perusahaan ini.

Situasi yang terjadi karena pandemi ini masih terus dipelajari oleh pihak Lion Air. Hal ini dilakukan agar manuver yang diambil bisa mengurangi beban selama adanya pandemi COVID-19.

Lion Air juga sudah melakukan diskusi dengan rekan usaha mereka dan melakukan pemotongan penghasilan kepada seluruh manajemen dan karyawan.

Jumlah pemotongan ini prosentasenya cukup bervariasi. Jika penghasilannya besar, maka nominal potongan yang diberikan juga makin besar.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 21 Mei 2020

pencairan dana desa

Proses Pencairan Dana Desa Dipercepat Kemenkeu