in

Perusahaan China Didepak AS di Wall Street

perusahaan china didepak
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Senat Amerika Serikat (AS) akan mengeluarkan RUU baru. Jika RUU ini disahkan banyak perusahaan China didepak dari Wall Street.

RUU tersebut adalah Holding Foreign Companies Accountable Act atau RUU akan Akuntabiitas Perusahaan Asing. RUU tersebut dikeluarkan pada Rabu (20/5) lalu.

Kemungkinan Perusahaan China Didepak dari Bursa AS

Dilansir dari CNBCIndonesia, ada 137 perusahaan China yang terdaftar di bursa saham Wall Street. Perusahaan tersebut adalah perusahaan yang cukup besar.

Perusahaan yang terdaftar di Wall Street antara lain adalah Alibaba Group Holding Ltd., Baidu Inc., dan lain sebagainya.

Pembuatan RUU tersebut dimulai oleh senator John Kennedy dari Partai Republik Louisiana dan senator Chris Van Hollen dari Partai Demokrat Maryland.

Kedua senator tersebut menyatakan bahwa dibuatnya RUU tersebut untuk melindungi dan menjaga kepentingan yang dimiliki oleh investor AS.

RUU tersebut sudah disetujui oleh jajaran Senat pada Rabu kemarin. Langkah selanjutnya adalah menunggu kepastian dari House of Representative As.

Setelah itu akan ada kongres antara House of Representative dan Senat untuk menyetujui apakah RUU tersebut bisa dilanjutkan atau tidak.

Baca Juga  Ronde Baru Perang Dagang Kemungkinan Dimulai

Jika memang bisa disepakati, RUU tersebut akan dikirim ke Presiden AS Donald trump untuk disahkan.

Dalam RUU ini, perusahaan asing diminta untuk mencatatkan sahamnya yang ada di bursa saham AS. Lebih lagi jika perusahaan tersebut gagal melakukan audit selama 3 tahun berturut-turut.

Dalam RUU tersebut, pihak AS juga meminta apakah perusahaan tersebut ada di bawah kendali pemerintah asing, terutama pemerintah China.

Kedua Senat tersebut juga menyatakan bahwa RUU ini dicanangkan untuk melindungi kepentingan investor negeri Paman Sam tersebut.

RUU ini juga memiliki fungsi untuk memastikan perusahaan asing yang masuk di bursa AS selalu mengikuti persyaratan audit yang sama dengan perusahaan milik AS lainnya.

Oleh karena itu ada dewan khusus yang dibuat oleh pemerintah AS untuk melakukan pemeriksaan dan audit.

Dewan Khusus tersebut diawasi otoritas bursa AS atau yang sering disebut sebagai Securities and Exchange Commision (SEC).

blt dana desa

BLT Dana Desa Baru Diterima 2,46 Juta Warga

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 22 Mei 2020