in

Harga Emas Melambung Akibat Ancaman Perang

harga emas melambung
Gambar oleh erik_stein dari Pixabay

Harga emas melambung pada perdagangan hari ini, Jumat (22/5). Hal ini terjadi setelah harga emas terus mengalami penurunan beberapa hari belakangan.

Salah satu yang membuat harga emas melambung adalah adanya kekhawatiran akan adanya perang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Harga Emas Kembali Melambung

Dilansir dari CNBCIndonesia, Harga emas global pada perdagangan hari ini di pasar spot mengalami peningkatan hingga 0,18 persen dan dibanderol dengan harga US$1.728,38 per troy ons.

Padahal, pada perdagangan kemarin, harga emas sempat mengalami penurunan hingga 1 persen. Hal ini terjadi karena adanya aksi profit taking yang dilakukan oleh investor.

Profit taking sempat dilakukan oleh investor karena harga emas sempat ada di level tertingginya sejak Oktober 2012.

Aksi profit taking tersebut juga dilakukan karena hubungan antara AS dan China yang terlihat memburuk karena adanya virus Corona.

Banyak orang yang berspekulasi bahwa konflik ini tidak akan terhenti pada perang dagang saja. Hal ini membuat proyeksi pemulihan ekonomi makin terlihat tidak jelas.

Baca Juga  Cara Menghindari Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games

Indeks utama Wall Street mengalami penurunan akibat adanya faktor tersebut. Akibatnya, indeks volatilitas mengalami peningkatan sebanyak 30 poin hanya dalam waktu satu malam saja.

Pergerakan harga emas biasanya seiring dengan pergerakan pasar saham pada tahun ini. Hal ini dikarenakan adanya aksi jual tajam yang dilakukan investor.

Dengan melakukan aksi jual tajam, investor berharap bisa menutup margin call yang terjadi atau hanya menjaga likuiditas.

Faktor lain yang mempengaruhi pergerakan harga emas adalah dolar yang terus mengalami penguatan. Dolar AS adalah salah satu jenis mata uang safe haven yang menjadi saingan emas.

Akan tetapi, dengan menurunnya prospek ekonomi yang terjadi, banyak investor yang kembali melakukan pembelian emas sebagai aset safe haven.

Hal ini dilakukan untuk melindungi harta mereka dari kemungkinan terjadinya inflasi akibat ketegangan antara kedua negara tersebut.

Inflasi tersebut kemungkinan terjadi akibat adanya stimulus yang diberikan besar-besaran untuk menolong perekonomian global.

Dengan adanya hal tersebut kemungkinan harga emas untuk terus melambung masih akan terjadi.

Baca Juga  5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas
bursa asia terjun bebas

Takut Perang, Bursa Asia Terjun Bebas

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Bagus di Tengah Pandemi Covid-19

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Bagus di Tengah Pandemi Covid-19