in

Gojek PHK Ratusan Karyawan, Apa Pesangonnya?

gojek phk karyawan
Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Sebanyak 430 karyawan Gojek terpaksa melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) pada Selasa (23/6) yang lalu. Jumlah karyawan yang di-PHK tersebut adalah sekitar 9 persen dari total karyawan.

Dilansir dari CNNIndonesia, Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menyatakan bahwa ada layanan yang harus dihentikan karena adanya pandemi COVID-19.

Layanan tersebut antara lain adalah layanan pijat professional GoMassage dan layanan kebersihan rumah GoClean.

Diberhentikannya layanan tersebut dikarenakan sudah mulai berubahnya kebiasaan konsumen dengan mulai menerapkan prinsip social distancing.

PHK Karyawan Gojek, Pesangonnya?

Kevin menyatakan bahwa Gojek tetap akan memberikan dukungan dan pesangon yang diberikan akan ada di atas standar pemerintah.

Selain itu, pihak Gojek akan memperpanjang asuransi kesehatan hingga akhir 2020. Karyawan yang di-PHK juga bebas menggunakan perangkat elektronik yang digunakan di Gojek.

Lalu, apa saja pesangon yang diberikan oleh Gojek untuk karyawannya yang di-PHK?

Pesangon

Karyawan yang harus di-PHK akan diberikan pesangon dengan jumlah gaji 4 pekan dan ditambah 4 pekan gaji untuk tiap tahun kerja.

Baca Juga  Investasi di Gojek, Saham Facebook dan Paypal Merosot

Pembayaran Gaji Selama Periode Pemberitahuan

Disaat periode pemberitahuan, perusahaan tidak mewajibkan karyawan untuk bekerja. Hal ini dilakukan agar karyawan bias fokus dalam mencari pekerjaannya di masa depan.

Co-CEO Gojek Andre Sulistyo menyatakan bahwa gaji pekerja akan tetap dibayarkan secara penuh.

Equity Arrangement

Masa tunggu karyawan yang memiliki hak saham di perusahaan Gojek akan dihapuskan. Hal ini dilakukan agar karyawan bisa memiliki saham di perusahaan lain yang diinginkan.

Perpanjangan Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan masih akan dibayarkan oleh pihak Gojek. Skema asuransi kesehatan akan diperpanjang hingga 31 Desember 2020 bagi karyawan dan keluarga.

Perlengkapan

Karyawan bisa menggunakan lapotop yang dimiliki untuk mencari pekerjaan yang baru.

Perpanjangan Program Bantuan Karyawan

Gojek akan memberikan perpanjangan bantuan untuk karyawannya. Bantuan tersebut antara lain adalah layanan kesehatan, mental, finansial, dan konsultasi selama 3 bulan ke depan.

Program Outplacement

Program ini akan diberikan oleh Gojek guna membantu karyawan untuk mencari pekerjaan yang baru.

pemulihan ekonomi bursa asia ambrol

Faktor Percepatan Pemulihan Ekonomi, Apa Saja?