in

Milenial, Sudah Pahamkah dengan GPN? Apa Fungsinya?

Kartu Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Pada pertengahan tahun 2018 lalu, di Indonesia sedang ramai dengan adanya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Sobat Pikiran Trader tentu sudah mendengar juga kan? Coba cek kembali apakah kartu debit yang Anda miliki sudah berlogo GPN alias logo garuda atau belum. Jika sudah, jangan sampai Anda hanya menggunakan saja tanpa tahu fungsi dan manfaatnya ya, sobat.

Di era digital ini, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan metode pembayaran non-tunai. Pemrosesan transaksi non-tunai dengan kartu debit ini sudah mencakup di hampir seluruh negara di dunia dan dilakukan secara internasional. Selama ini di Indonesia masih menggunakan jasa dari sistem asing seperti Visa, MasterCard, JCB, UnionPay dan lainnya untuk transaksi non-tunai menggunakan kartu debit.

Saat ini Indonesia telah memiliki national payment gateway sendiri atau biasa disebut dengan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Artinya, semua transaksi dari berbagai bank penerbit kartu debit sudah terintregasi dengan penggunaan jasa dalam negeri sendiri. Pada 3 Mei 2018 lalu, Bank Indonesia dan Perbankan Nasinonal meluncurkan Kartu Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebagai wujud interoperabilitas secara penuh dalam ekosistem pembayaran ritail. Dengan interkoneksi dan interoperabilitas yang dihadirkan dalam GPN, maka mesin ATM dan EDC bank manapun dapat digunakan oleh nasabah lintas bank di Indonesia.

Baca Juga  Ahok Bakal Jadi Bos Pertamina, Apa saja Tugasnya?

Baca Juga Dompet Digital di Era Kekinian

Apa itu GPN?

Gerbang Pembayaran Nasional merupakan sebuah sistem yang memdukan berbagai kanal sistem pembayaran atau transaksi perbankan yang menjadi satu karena saling terhubung. Artinya, jika selama ini Anda membayar transaksi kartu debit menggunakan mesin EDC dari bank yang sama dengan penerbit kartu, maka dengan adanya GPN ini jenis kartu debit apapun bisa digesekkan pada semua mesin EDC dari berbagai bank.

Transaksi dan Bayar dengan Kartu Debit Beda Bank jadi Murah

Selama ini transaksi non-tunai menggunakan kartu debit dilakukan dengan mesin EDC (Electronic Data Capture) link dari bank lain, dikenakan sekitar 2-3 % dari transaksi. Hal ini disebabkan karena kartu debit yang ada masih menggunakan jasa pemrosesan transaksi non-tunai yang berlaku internasional seperti Visa, MasterCard dan lainnya.

Dengan adanya GPN ini, artinya proses transaksi non-tunai itu dari dalam negeri, tidak lagi menggunakan jasa internasional. Keuntungannya adalah, penggunaan GPN ini akan mengurangi biaya transaksi yang disebut MDR (Merchant Discount Rate) link bila menggunakan mesin EDC dari bank yang berbeda.

Baca Juga  Sri Mulyani Jadi Menkeu Ketiga Kalinya, Berikut Deretan Prestasinya

Tarif Transaksi Non-tunai Turun jadi 1%, Bahkan 0%

Dilansir dari cermati.com, mantan Gubenur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo pada akhir tahun 2017 menyatakan  bahwa dengan adanya GPN ini, mengurangi biaya transaksi non-tunai kartu debit menjadi sekitar 1% atau turun hingga dua kali lipat dibanding sebelumnya untuk transaksi ritel.

Bahkan untuk transaksi pemerintah, biaya transaksi non-tunai ritel menggunakan kartu debit berlogo GPN ini bisa gratis alias nol persen saja.

Dengan penurunan biaya tersebut, dari sisi ritel akan membantu meningkatkan margin atau keuntungan dari merchant (pedagang). Karena memang biaya transaksi non-tunai kasrtu debit ini bukan dikenakan konsumen / pembeli saja, namun juga kepada pedagang dan tarifnya menjadi lebih murah.

Begitu pula jika nasabah melakukan transaksi transfer antar bank juga akan diuntungkan. Tentu sudah tidak asing lagi jika transfer sesama bank pasti tidak ada biaya yang dikenakan. Namun jika transfer dengan bank yang berbeda pasti akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Dengan adanya GPN ini, maka biaya transfer antar bank jauh lebih murah.

Baca Juga  Awas! Ini 4 Tanda Keuangan Berada di Ujung Tanduk

Apa Keuntungan Menggunakan GPN?

GPN sendiri sudah diluncurkan oleh Bank Indonesia pada akhir tahun 2017 dan berlaku mulai 1 Januari 2018. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh nasabah bank dalam melakukan berbagai transaksi non-tunai. Selain mudah dan praktis, penggunaan GPN ini dinilai lebih efisien. Dari segi merchant atau pedagang, diuntungkan dengan lebih efisien. Karena tidak perlu menyediakan banyak mesin EDC di meja kasir. Sebab kini nasabah bisa melakukan transaksi non-tunai dengan mesin EDC bank manapun.

Jadi, secara garis besar, dengan adanya kartu berlogo GPN, Anda akan dimudahkan dalam bertransaksi non-tunai. Anda tidak perlu khawatir biaya mahal ketika menggesek di mesin EDC lintas bank. Begitu pula merchant diuntungkan dengan adanya GPN ini karena tidak perlu menyediakan banyak mesin EDC di meja kasirnya. Maka jangan ragu lagi dan nikmati kemudahan serta keuntungan transaksi non-tunai dengan kartu debit Anda.

Baca juga Ganti Kartu Kredit? Pahami dulu Penjelasan ini!

Tinggalkan Balasan

Mendulang Uang Hanya dengan Internet

8 Alasan Untuk Pertimbangkan Bisnis Frenchise