in

Alami Tekanan Likuiditas, Ini Cara BUMN Selamatkan Jiwasraya

Jiwasraya Alami tekanan likuiditas

Oktober 2018 lalu PT Asuransi Jiwasraya mengaku tengah mengalami tekanan likuiditas sehingga menunda pembayaran klaim pada produk Bancassurance.

Bancassurance adalah layanan asuransi yang ditawarkan melalui bank. Asuransi ini biasanya berupa perlindungan jiwa dan disatukan dengan layanan investasi jangka panjang (unit link). Sasaran utamanya adalah nasabah bank.

Di sosial media beredar kabar bahwa perusahaan ini mengalami gagal bayar. Namun pihak perusahaan asuransi milik Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut mengaku masalahnya hanyalah penundaan, bukan gagal bayar.

Adapun total rencana tabungan (saving plan) yang jatuh tempo dan belum bisa dilunasi adalah sebesar Rp 802 miliar.

Cara BUMN Selamatkan Jiwasraya

Untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong pendirian Jiwasraya Putra.

Dikutip dari keuangan.kontan.co.id, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo menyatakan Jiwasraya Putra diperkirakan akan berdiri pada bulan Juni tahun 2019 ini.

Sebelum Jiwasraya Putra berdiri, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menerbitkan obligasi jangka menengah alias medium term notes (MTN) senilai Rp 500 miliar. Rencananya penerbitan MTN ini akan terealisasi pada Mei 2019.

Baca Juga  Ekonomi China Membaik, Batu Bara Masih KO

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo mengatakan bahwa rencana penerbitan MTN Jiwasraya masih dalam proses. Meski demikian, Jiwasraya telah mengantongi sejumlah pembeli siaga untuk menyerap surat utang tersebut.

Hal yang sama disampaikan oleh Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko bahwa pihaknya akan menerbitkan MTN bulan depan. Saat ini, perusahaan resmi milik negara tersebut masih menunggu izin untuk menerbitkan obligasi tersebut.

“Iya betul kami akan menerbitkan. Untuk investor dan harga akan diketahui setelah tahap penjatahan,” tutur Hexana.

PT Jiwasraya Putra

Penting untuk diketahi, Jiwasraya Putra merupakan anak usaha dariPT Jiwasraya. Nantinya anak usaha tersebut akan memanfaatkan sinergi BUMN dengan PT Bank Tabungan Negara, PT Pegadaian, PT Kereta Api Indonesia dan PT Telkomsel. Keempat perusahaan tersebut akan memberikan akses customer base dan jaringan distribusi Jiwasraya untuk menyediakan produk asuransi jiwa.

Baca juga: 7 Tips Dalam Memilih Asuransi Unit Link

Tinggalkan Balasan

4 perusahaan tambang batubara di Indonesia dari film sexy killers

Sexy Killers Effect, 4 Perusahaan Batubara Terbesar di Indonesia.

pelayanan spesial di hari Kartini oleh pertamina

Hari Kartini, Pertamina Berikan Pelayanan Khusus