in

H-7 Ramadhan, ini Harga Komuditas Makanan yang Terbaru

Kurang 1 minggu jelang Ramadhan 2019 harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Jakarta menurun. Salah satunya yaitu cabai merah keriting.

Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) rata-rata harga cabai merah keriting pada Senin (29/04/18) hanya Rp 31.300 per kilogram. Harga tersebut turun dibanding Pekan lalu yang masih Rp 33150 per kilogram.

Penurunan harga juga terjadi pada cabai merah besar dan cabai rawit merah. Untuk cabai merah besar, Senin pekan lalu harga masih berada di kisaran Rp37.700 per kilogram. Tapi, Senin pekan ini, harganya turun menjadi Rp31.800 per kilogram.

Sementara itu untuk cabai rawit merah, harganya turun dari Rp44.500 menjadi Rp40.700 per kilogram. Tak hanya komoditas cabai, penurunan harga juga terjadi pada beras, daging sapi dan bawang merah.

Untuk beras kualitas bawah I, harga turun dari Rp10.650 per kilogram menjadi Rp10.500. Untuk beras kelas medium I, harga turun dari Rp11.750 menjadi Rp11.500 per kilogram dan Beras kualitas super I harganya turun dari Rp13 ribu menjadi Rp12.400 per kilogram.

Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 20 Maret 2020

Untuk daging sapi kualitas I, harga turun dari Rp120 ribu per kilogram menjadi Rp118.400. Sementara itu untuk bawang merah, harga turun dari yang pekan lalu masih Rp41.400 menjadi Rp40.850 per kilogram.

Kenaikan harga komoditas pangan di Surabaya

Berbeda dengan penurunan harga yang terjadi di wilayah Jakarta, kenaikan pokok justru terjadi di pasar tradisional Surabaya.

Kenaikan harga tertinggi terjadi di beberapa komoditas seperti tomat, daging ayam, bawang putih, bawang merah, dan cabai merah.

Kenaikan terjadi pada tomat naik dari Rp 12 ribu menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Daging ayam naik sebesar Rp 4 ribu menjadi Rp 32 ribu per kilogram.

Kenaikan signifikan terjadi pada komoditas bawang merah, bawang putih dan cabai merah besar. Harga cabai merah besar naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Bawang merah naik dari harga Rp 20 ribu menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Dan bawang putih mengalami kenaikan paling signifikan, yaitu dari harga Rp 30 ribu menjadi Rp 65 rindu per kilogram.

Baca Juga  Listrik Padam Serentak, PLN Akan Berikan Kompensasi Kepada Pelanggan

Kenaikan harga komoditas pangan tersebut terjadi karena ketersediaan barang yang terbatas.

“Nggak ada barang mungkin, pemasukan ndak ada, telat, ketika kulakan harus keluar uang banyak. Kalau dulu murah,” ujar salah satu pedagang.

Akibat dari kenaikan harga bahan-bahan makanan yang signifikan ini membuat para penjual makanan mengalami penurunan pemasukan.

Munawaroh misalnya, wanita penjual makanan ini mengaku pemasukannya berkurang ketika harga bahan makanan meningkat tajam.

“Harga makanannya tidak dinaikkan karena kalau dinaikkan nanti pembelinya tidak mau jadi daripada berkurang lebih baik jualnya tetap meskipun untungnya sedikit,” ujarnya.

Kenaikan harga bahan pangan ini diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga hari raya mendatang.

Baca juga: Ramadhan Masih 1 Bulan Lagi, Harga Bawang Putih Sudah Meroket

Tinggalkan Balasan

Mengintip Harta Pemeran Avengers, Siapa Paling Kaya?

Tagihan Kartu Kredit Tidak Sesuai? Lakukan 5 Hal Ini!