in ,

Ramadhan, Pemerintah Luncurkan Masterplan Keuangan Syariah

peluncuran masterplan keuangan syariah 2019

Bukan hal yang tabu lagi bahwa peran Keuangan Syariah bukan hanya mengenai preferensi agama, melainkan melalui Tujuan Syariah. Keuangan syariah memiliki kekuatan laten dalam memainkan peranan penting dalam pemberdayaan individu dan komunitas.

Dikutip dari REPUBLIKA.CO.ID, Pemerintah akan meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia periode 2019-2024 pada bulan Ramadhan, 14 Mei 2019.

Maraknya penggunaan perniagaan elektronik (e-commerce) membuat  Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menjadikannya sasaran untuk memasukkannya ke dalam masterplan keuangan syariah.

KNKS menjamin keseluruhan sistem akan kesyariahannya. KNKS mendorong terjadinya ekosistem digital syariah dengan membuat marketplace yang mengarah pada penjualan produk-produk halal serta sistem digital syariah.

Disamping itu, KNKS membuat platform yang memfasilitasi zakat nasional yang membantu lembaga amil zakat supaya terjadi standarisasi di dalam proses zakat nasional, yang terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Baca juga: Naik Turun Tarif Go-Jek, ini Faktanya!

Kerjasama antara KNKS dan Bukalapak

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar, mengatakan peluncuran masterplan keuangan syariah ini bersamaan dengan kerja sama antara KNKS dan Bukalapak terkait penyedia produk halal untuk e-commerce.

Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 5 Februari 2020

Saat ini KNKS memastikan agar mempunyai  koordinasi yang intens dan baik dengan Bukalapak.  Public Policy & Government Relation Manager  Bukalapak, Ma Isa Lombu, mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan KNKS. Isa berupaya agar kerjasama mereka memiliki respon baik dan positif mulai dari akad, proses, hingga produknya.

Bukalapak pada mulanya memang tidak dibentuk sebagai marketplace halal, namun pihaknya akan memberikan alternatif mengenai hal ini. Isa mengupayakan agar garis kesyariahan berbisnis tidak diterobos. Selain itu, pihaknya juga akan mengikhtiarkan adanya seksi produksi halal di Bukalapak.

Baca juga: 5 Keuntungan Bisnis Online, Mulai Mencoba Kuy

Bukalapak menjamin bahwa mayoritas produknya sudah pasti halal.  Namun, agar lebih mamajukan kepercayaan masyarakat. Bukalapak akan membuka seksi prroduk yang sudah bersertifikat dan berlabel halal. Mengenai hal ini, Bukalapak sudah mengajukan dua solusi kepada KNKS.

Pertama; memberikan insentif dan disintesif berhubungan dengan halal. Isa mengimbuhkan bahwa sebenarnya bisnis halal sangatlah potensial secara rasional. Kalau pun ada oknum yang melanggar, Isa yakin dikarenakan ketidaktahuan mereka saja.

Baca Juga  Simak Tips Jitu Menarik Pembeli saat Black Friday

Kedua; memfasilitasi inovasi dan kekreatifitasan anak bangsa. Bukalapak sangat berharap akan ada banyak inovasi anak Indonesia yang siap untuk difasilitasi. Terkait dengan banyaknya perusahaan teknologi yang muncul di permukaan.

KNKS juga akan bekerja sama dengan e-commerce lainnya untuk mendorong penyediaan produk halal. Sekaligus, mendorong e-commerce melakukan pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Baca juga: Inilah Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Tinggalkan Balasan

nasib gojek

Naik Turun Tarif Go Jek, ini Faktanya!

Bagaimana Nasib Pekerjaan Anda di Masa Depan?