in

Jenius, Aplikasi Zakat dari BTPN dan Baznas

ilustrasi Zakat

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz)  untuk memudahkan masyarakat dalam membayar zakat. Kolaborasi ini dilakukan oleh BPTN melalui layanan perbankannya, Jenius.

Disampaikan oleh Head of Digital Banking BTPN Irwan Sutjipto Tisnabudi, kerja sama ini dilakukan berdasarkan hasil riset BTPN terkait kebiasaan nasabah selama Bulan Ramadan dalam hal finansial. Berdasarkan survei terhadap 360 responden, pengeluaran nasabah meningkat selama Ramadan antara 5-20 persen.

Peningkatan pengeluaran tersebut termasuk untuk berbagi kepada sesama. Dari latar belakang tersebut mereka bekerjasama dalam memberikan donasi Paket Ramadhan  Bahagia (PRB) selama bulan Ramadhan tahun 2019 ini.

“Bulan Ramadan adalah momen berbagi kebaikan. Sesuai dengan semangat Jenius, yaitu menghadirkan layanan finansial yang simpel, cerdas, aman, Jenius ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam berbagi kebaikan,” katanya dikutip dari iNews.

Ditambahkan oleh Direktur utama Baznas, Muhammad Arifin, alasan lain yang melatarbelakangi kerja sama ini adalah pembayaran zakat digital menjadi tren di masyarakat.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada ahun 2016, jumlah pembayar zakat sudah mencapai 10 persen. Dan diharapkan akan meningkat menjadi 30 persen pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga  Harga Bitcoin Mungkin Terbang Layaknya Harga Emas

“Kami akan berkampanye lebih banyak kepada digital, seperti melalui Jenius dan provider digital lainnya. Prediksi zakat digital akan mencapai 30 persen di tahu 2020,” ujarnya

Alasan layanan zakat digital ini layak dipilih karena memiliki berbagai keunggulan. diantaranya yaitu lebih simpel, aman, cepat dan transparan. Selain itu, pihak Baznas dapat merespon dan melayani dengan cepat.

Di Ramadhan 2020 ini, Baznas memasang target Rp 3,5 Triliun terkumpl dari zakat dan donasi masyarakat Indonesia.

Cara melakukan zakat melalui jenius

Adapun cara untuk melakukan zakat dan donasi digital ini, pengguna pilih menu Send It di aplikasi Jenius, lalu pilih Tagihan, pilih Amal dan Donasi, dan kemudian pilih Baznas. Setelah itu masukkan nominal, dan tekan tombol Selanjutnya.

Bila pengguna ingin melakukan donasi secara reguler, fitur ini bisa ditambahkan di menu Favorit sehingga bisa langsung diakses tanpa perlu ditelusuri dari awal.

Baca juga: Pasti Untung! 5 Bisnis Makanan di Bulan Ramadhan Untuk Anda

Tinggalkan Balasan

4 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan (Part 2)

Bulog impor daging kerbau dari india

Bulog Impor Daging Kerbau India, untuk apa ?