in

Bulan Ramadhan Hingga Lebaran 2019, Harga Bawang dipastikan Aman

Harga Bawang

Bawang masih menjadi salah satu komoditas yang digembor-gemborkan akan mengalami kenaikan harga dipasaran. Terlebih saat bulan Ramadhan dan menjelang hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini. Terbukti, salah satu komoditas bumbu dapur inipun sebelumnya sempat mengalami kenaikan harga yang meroket. Yaitu tepatnya sebulan sebelum memasuki bulan Ramadhan 2019.

Hal itupun nampaknya menjadi sorotan khusus Pemerintah untuk menjaga stabilitas harga pangan dipasaran. Terkhusus untuk komoditas bawang ini. Dlansir dari finance.detik.com, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa kini pemerintah akan terus mengawal stabilitas harga pangan selama Ramadhan 2019. Pengawalan inipun dilakukan hingga Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri.

Baca juga : 5 Tips Menghadapi Kenaikan Sembako di Bulan Ramadan

Masih menurut Amran, berdasarkan hasil Rakortas Menteri untuk menjaga stabilisasi harga pangan, pengawalan tersebut dilakukan bersama Satgas Pangan yang beranggotakan Bareskrim Polri, Polda, Polsek, Perum Bulog, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan. Bahkan khusus untuk menjaga stabilisasi harga komoditas bawang putih, menurutnya pemerintah telah menugaskan Perum Bulog untuk mengimpor bawang putih sebanyak 100 ribu ton ditahun 2019 ini.

Baca Juga  Aduh! Salah Satu BUMN Kertas Bangkrut, Berapa ya Utangnya?

“Khusus bawang putih, kami juga sudah minta importir untuk mengawal sampai ke konsumen untuk menjaga stablisasi pangan. Jadi tidak ada alasan lagi bawang putih naik,” jelasnya.

Dengan dilakukan pengawalan tersebut, Kementrian Pertanian berharap masyarakat bisa tenang merayakan Lebaran karena harga kebutuhan pokok yang terjangkau. Dan terbukti, berkat langkah pengawalan yang dilakukan Kementrian Pertanian inipun kini mulai berdampak cukup signifikan, terkhusus terhadap komoditas bawang yang kini beredar dipasaran.

Terpantau disejumlah kota besar harga bawang perlahan mulai turun. Bahkan harga bawang ini bisa dikatakan mengalami penurunan harga yang terbilang cukup drastis. Harga bawang dipasaran yang sebelumnya rata-rata menyentuh diangka Rp 100 ribu per kilo, kini mulai merangkak turun menjadi Rp 50 ribu hingga 30 ribu per kilo. Bahkan disejumlah kota besar di Jawa Timur seperti Pare Kediri dan Banyuwangi, harga bawang telah turun diharga Rp 30 ribu hingga Rp 27 ribu per kilo. Harga bawang inipun diprediksi akan tetap stabil selama bulan Ramadhan, hingga perayaan hari Raya Idul Fitri 2019.

Baca Juga  Biaya Pemindahan Ibu Kota Indonesia Ditaksir 469 Triliun

Tinggalkan Balasan

memilih investasi reksadana

Tips Memilih Investasi Reksa Dana Agar Menuai Keuntungan Tinggi

6 Jenis Investasi yang Benar dan Aman