in

THR Cair: Ditabung atau Dihabiskan?

Menjelang lebaran, tentu banyak sekali pengeluaran yang harus disiapkan. Terlebih lagi harga kebutuhan semakin naik di bulan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri. Untungnya, bagi Anda yang telah bekerja, Tunjangan Hari Raya (THR) akan sangat membantu arus pengeluaran Anda.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menginformasikan waktu pencairan THR. Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menerima THR pada 24 Mei 2019 mendatang. Sedangkan pegawai sewasta akan menerima THR selambat-lambatnya pada 29 Mei 2019 seperti yang tertuang pada Keputusan Menaker Nomor 6 Tahun 2016, bahwa pembayaran Tunjangan Hari Raya selambatnya 7 (tujuh) hari sebelum hari raya keagamaan tiba.

Namun, bagaimana cara menggunakan uang THR dengan baik? Apakah perlu ditabung atau dihabiskan saja untuk memnuhi segala kebutuhan Anda?

Sebenarnya tidak menjadi masalah jika Anda menghabiskan semua uang THR untuk memenuhi kebutuhan. Seperti namanya, Tunjangan Hari Raya memang diberikan oleh pemberi kerja kepada para pegawainya sebagai dana tambahan untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran selama hari raya. Jadi tidak masalah jika dihabiskan, asalkan memang benar-benar untuk kebutuhan hari raya, bukan semata memenuhi keinginan.

Baca Juga  Dominasi BUMN Bisa Menghalangi Investasi Asing

Dilansir dari kompas.com, berikut beberapa pendapat yang dikemukakan oleh  Perencana keuangan Finansia Consulting, Eko Indarto:

Harus dihabiskan

Eko Indarto mengatakan bahwa Tunjangan Hari Raya memang diperuntukkan untuk dihabiskan oleh para pekerja. Hal ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan yang harganya semakin melonjak. Selain itu, pengeluaran sosial juga banyak yang harus dikeluarkan.

Pengeluaran tidak boleh lebih

Eko mengatakan bahwa pengeluaran tidak boleh lebih dari jumlah tunjangan yang diterima. Jadi, janganlah Anda berhutang untuk memenuhi kebutuhan lebaran karena akan membengkak di kemudian hari.

Jadi, Anda harus sudah menganggarkan pengeluaran untuk kebutuhan lebaran dari jauh-jauh hari. Misalnya, pengeluaran untuk membayar zakat, sedekah, pakaian, transportasi dan kebutuhan mudik, memberikan uang tunjangan hari raya untuk asisten rumah tangga (ART), memberikan angpau untuk saudara, dan kebutuhan yang lainnya.

Jadi, apakah Anda sudah memikirkan bagaimana uang THR Anda akan dihabiskan? Cobalah untuk membuat anggaran agar arus pengeluaran Anda tetap bisa diatur dan lancar. Ingat ya, dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Semoga berhasil!

Baca Juga  Perusahaan di Sumbar Dilaporkan Karena Tidak Bayar THR

Baca juga : THR Akan Cair, Berikut Rinciannya!

 

Tinggalkan Balasan

Investasi Ala Milenial

Yuk Intip Investasi Unik Ala Milenial!

10 negara dengan utang luar negeri terbesar

10 Negara dengan Utang Luar Negeri Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?