in

Dampak Inflasi, Harga Bawang Putih & Tiket Pesawat Mulai Landai

Inflasi Bawang

Dibulan Mei 2019 ini, Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi akan berada di level 0,51% month to month (mom). Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di bulan Mei inipun diantaranya ialah tarif angkutan udara dan komoditas makanan, seperti cabai merah dan bawang putih.

Menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), rata-rata harga bawang putih nasional mulai Jumat (24/5) tercatat Rp 42 ribu. Harga ini sudah menurun dibandingkan posisi awal Mei, yakni Rp 49.750 per dolar AS. Meski demikian, dikutip dari cnnindonesia.com Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan bahwa bawang putih tetap tercatat menyumbang inflasi Mei. Hal itupun dikarenakan harga bawang putih baru beranjak turun di pertengahan bulan ini.

“Memang pengaruhnya (bawang putih) akan muncul di Mei, tapi itu tidak akan penuh lagi karena kan harganya sudah turun,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa masyarakat juga tak perlu takut dengan kenaikan harga bawang putih beberapa waktu lalu. Menurutnya, fluktuasi harga bawang putih bersifat jangka pendek, sehingga harganya akan melandai jika ada tambahan suplai. Ditambah, pemerintah telah mensuplay kebutuhan import bawang sebesar sebanyak 100 ribu ton ditahun 2019 ini. Selain itu bagian pengeluaran rumah tangga untuk bawang putih pun terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan komoditas lain, seperti beras.

Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 13 Februari 2020

Baca juga : Bulan Ramadhan Hingga Lebaran 2019, Harga Bawang dipastikan Aman

 

Selain bawang, tarif tiket pesawat terbang masih akan menyumbang inflasi pada Mei 2019. Meskipun kini lonjakan harga tiket yang melonjak tak sedrastis seperti beberapa bulan belakangan. Kebijakan penurunan tarif batas atas pesawat terbang sebesar 12% hingga 16% pertengahan bulan ini membuat tarif turun, meskipun tak signifikan.

Pada April lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi di angka 0,44% secara bulanan. Komoditas yang menyebabkan inflasi tersebut adalah bawang putih yang mengalami kenaikan harga 35% dan memberi andil inflasi 0,09% dan bawang merah yang mengalami kenaikan harga 22,9% dan memberi andil 0,13%. Inflasi pada bulan Mei yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan inipun dinilai menjadi inflasi dengan presentase lebih rendah dari data inflasi di bulan Ramadhan sebelumnya. Yaitu tepatnya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, dimana presentase biasanya berada di kisaran 0,68%.

Baca juga : Pasca Aksi 22 Mei, Rupiah Kembali Melesat 0,28%

 

Baca Juga  Bulan Ramadhan Hingga Lebaran 2019, Harga Bawang dipastikan Aman

 

Tinggalkan Balasan

Tips Investasi untuk pendidikan Anak

Pentingnya Investasi Pendidikan Anak, Ini Tipsnya!

Resiko Emas

Berminat Investasi Emas? Simak Dulu Beberapa Resiko Berikut!