in

Menpar: Mudik Jadi Ajang Pemerataan Ekonomi Warga Daerah

Mudik bisa meratakan perekonomian di daerah

Arief Yahya, Menteri Pariwisata (Menpar) mengatakan bahwa setiap liburan Ramadhan sampai liburan hari Raya, warga daerah mengalami pemerataan ekonomi. Hal ini dikarenakan daerah mereka dilewati oleh rombongan pemudik. Sehingga, mudik merupakan suatu ajang untuk mensejahterakan warga daerah.

Dikutip dari IDNTimes, Menpar Arief mengatakan,” Total ada 20 juta pergerakan orang saat mudik. Ini tentu akan mensejahterakan masyarakat di daerah” saat Jumpa Pers Pesona Mudik 2019.

Baca juga: Kalah Pemilu, Berapa Miliar Saham yang Dijual Sandiaga Untuk Kampanye?

Ramaikan Mudik dan Libur Lebaran dengan Program Pesona Mudik 2019

Idul Fitri kali ini, jumlah pemudik diperkirakan mengalami kenaikan 150 persen. Atau bisa dibilang sebanyak 30 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Menpar Arief Yahya juga menambahkan, “Terjadi pergerakan uang selama Ramadan-Lebaran diperkirakan Rp800 ribu per orang untuk sekali visit. Atau diperkirakan ada Rp200 triliun dari 20 juta pergerakan wisatawan.”

Diapun juga meyakini bahwa perputaran uang sebanyak itu sangat bagus untuk pemerataan ekonomi daerah. Untuk memanfaatkan momen tersebut, Kemenpar menyelenggarakan program Pesona Mudik 2019 guna meramaikan fenomena pulang kampung dan libur lebaran.

Baca Juga  Strategi Bank Mandiri Hadapi Pelemahan Rupiah

Arief juga menambahkan, “Sebagian besar dampaknya ke sektor pariwisata. Karena saat pulang kampung orang-orang pasti berburu kuliner. Tempat wisata penuh. Saya prediksi 60-70 persen ke pariwisata.”

Kegiatan apa saja yang bisa diikuti di #PesonaMudik2019?

Beberapa kegiatan lomba menarik diadakan oleh Kemenpar melalui #PesonaMudik2019. Lomba-lomba ini ditujukan untuk memeriahan liburan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H dan juga musim mudik yang kian ramai.

Berikut lomba-lombanya adalah lomba foto Instagram #PesonaMudik2019, info Top 10 Kuliner, dan Top 10 Destinasi Mudik, serta Pesona Mudik 2019 CO-Branding.

Perlombaan #PesonaMudik2019 ini tentu mampu menggaet kaum millenial untuk mengikutinya. lomba foto melalui Instagram tentu menarik muda-mudi kekinian untuk memenangkannya. Dengan mengikuti lomba ini, mereka dpat mengabadikan momen-momen perjalanan pulang kampung dan libur lebaran yang seru.

Untuk perlombaan tempat destinasi dan wisata kuliner yang masuk Top 10. Kemenpar akan memilih pemenangnya melalui kombinasi nilai dari aplikasi TripAdvisor Google Maps, dan Google Local Guide.

Baca juga: Pentingnya Investasi Pendidikan Anak, Ini Tipsnya!

Baca Juga  Duit 20 Juta, Enaknya Beli iPhone 11 atau Investasi Nih? Part 1

Tinggalkan Balasan

menggadaikan barang

Hendak Menggadaikan Barang? Wajib Fahami Hal-hal Berikut!

Dampak Negatif Peredaran Uang Palsu Bagi Perekonomian