in

Saham Mana Yang Menguntungkan Pada Saat Lebaran?

jenis-jenis divergence

Dalam bulan Ramadhan apalagi menjelang lebaran, pasti ada beberapa saham yang meroket. Dilansir dari TEMPO.CO, emiten yang bergerak di sektor makanan-minuman (mamin) dan perdagangan eceran masih menjadi primadona. Bisnis atau perusahaan yang bergerak di bidang mamin ini sangat gencar ditransaksikan selama bulan ramadhan. Bahkan kedua sektor ini mencatat kenaikan harga saham pada tahun-tahun kemarin.

Dari hasil pengamatan tersebut, tentu peluang itu layak untuk dimanfaatkan. Agar pelaku pasar atau penanam saham bisa mendapatkan ‘tunjangan hari raya’.

Baca juga: Ikuti Cara Baru Investasi Lewat Peer to Peer Lending,Yuk!

Saham mana yang berpotensi meroket?

Sebagai tambahan, Vice President of Research PT Indosurya Mandiri Sekuritas mengatakan bahwa saham barang konsumsi, ritel, dan telekomunikasi akan lebih menarik bagi para investor. “Biasanya kinerja sektor konsumsi naik di musim-musim lebaran,” ujar William Surya Wijaya selaku Vice President of Research.

William juga merekomendasikan beberapa saham yang memiliki potensi besar menjelang lebaran. Diantaranya adalah saham INDF, ICBP, UNVR, dan MAPI yang layak dikoleksi para investor. Aktivitas konsumsi masyarakat jelang Lebaran, katanya, selalu meningkat.

Baca Juga  Pantang Kecewa, 3 Hal yang Harus Anda Hindari Saat Trading!

Rekomendasi yang diberikan tentu didasari oleh analisanya. Peningkatan konsumsi masyarakat menjelang Lebaran akan terlihat dari meningkatnya kinerja penjualan triwulan. Menurutnya, pembaikan kinerja dari efek musiman itu juga bakal mengkerek harga saham emiten-emiten peritel dan consumer goods.

Di samping itu, William juga merekomendasikan saham-saham yang bergerak di bidang telekomunikasi dan infrastruktur. Dia beranggapan bahwa sektor infrastrutur sangat berkaitan dengan telekomunikasi, khususnya bila ingin meraih return yang menarik pada jangka panjang.

Baca juga: Faktanya, Investasi Wajib Bagi Wanita Dibandingkan Pria Lho!

Bagaimana dengan sektor telekomunikasi dan infrastruktur?

Ada pun saham yang direkomendasikan dari sektor telekomunikasi dan infrastruktur adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM), PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan PT Jasa Marga Tbk. (JSMR).

Di masa yang serba mudah dan digital sekarang ini, masyarakat yang dulu mengirimkan surat dan kartu pos untuk keluarga yang jauh, kini cukup mengirim pesan singkat dan berkomunikasi via suara serta visual. Menurutnya, aktivitas itu juga akan menyumbang kinerja yang baik bagi emiten telekomunikasi.

Baca Juga  Semester I 2019, Laba Bersih BNI Naik 2,7 Persen

Dia menilai hal tersebut karena lebaran maka biasanya retail akan naik banyak karena banyaknya orang berbelanja. Selain itu, telekomunikasi juga akan meningkat karena penggunaan data juga naik.

Tinggalkan Balasan

struktur dan tugas bank sentral

Penting Diketahui, Berikut Struktur dan Tugas Bank Sentral

3 instrumen investasi

3 Instrumen Patut Kamu Coba Saat Mulai Berinvestasi