in

Anggaran Pendidikan 2019 492,5 T, Berikut Rinciannya

Menkeu berikan anggaran pendidikan dari APBN sebesar 20 persen

Pemerintah bertekad memajukan pendidikan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dengan alokasi dana pendidikan yang meningkat sebesar 5,8 %. Tahun ini Menkeu memberikan jatah 20% dari APBN atau #UangKita untuk pendidikan. sedangkan tahun 2018 lalu anggaran pendidikan pada APBNsebesar Rp444,1 triliun. Sehingga tahun ini total anggaran pendidikan adalah Rp 492,5 Triliun.

Alokasi dana tersebut digunakan untuk meningkatkan layanan pendidikan yagar lebih berkualitas dan merata.

Saat ini skor The Program for International Student Assessment (PISA) menunjukkan Indonesia masih berada di peringkat 62 dari 72 negara. Ini menunjukkan kalau kualitas pendidikan Indonesia masih belum optimal dan jauh tertinggal dari negara lain.

“Indonesia masih berada di belakang beberapa negara Asia dari segi pendidikan. Padahal kami telah mengeluarkan anggaran 20 persen dari APBN untuk pendidikan selama 10 tahun terakhir. Ini masih belum memuaskan. Bahkan mungkin kami kecewa karena lulusan pendidikan Indonesia tidak mencapai level yang diinginkan,” ujar Menkeu Sri Mulyani dilansir dari Website resmi Kemenkeu.

Baca Juga  Bursa Asia Terbang Kecuali Indonesia dan Jepang

Baca juga: Tips Mengatasi Masalah Dana Pendidikan

Masih kata Menkeu, pemerataan akses pendidikan serta sarana dan prasarana yang belum memadai. Terutama di Indonesia Timur dan daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) termasuk memprihatinkan.

Alokasi Dana Pendidikan

Tahun ini, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), pemerintah melakukan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan. Dari alokasi APBN sebesar Rp6,5 triliun dimanfaatkan untuk rehabilitasi sekolah umum yang rusak, penyelesaian pembangunan kampus mangkrak, rehabilitasi madrasah dan 10 perguruan tinggi agama.

Selain itu, perlu untuk diketahui, anggaran pendidikan 2019 dialokasikan untuk perluasan akses Program Indonesia Pintar bagi 20,1 juta siswa, penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mendukung kegiatan belajar 55,8 juta siswa, penyaluran beasiswa Bidikmisi bagi 471,8 ribu mahasiswa, dan penyaluran Tunjangan Profesi Guru bagi 1,4 juta guru.

Tak hanya itu, dana pendidikan tersebut juga dimanfaatkan untuk membiayai program prioritas yang akan dilakukan oleh Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy. Program tersebut di antaranya adalah Program Indonesia Pintar (PIP) yang telah membantu lebih dari 17,9 juta siswa dari keluarga tidak mampu.

Baca Juga  Indonesia Tarik Utang Besar, Prediksi dari Studi

Baca juga: Pentingnya Investasi Pendidikan Anak, Ini Tipsnya!

Tinggalkan Balasan

Kesalahan fatal pada keuangan milenial

Kesalahan Fatal dalam Keuangan Milenial Yang Wajib Dihindari

konsumen

Ini Beberapa Tipe Konsumen & Cara Memikatnya!