in

Cocok Untuk Milenial, Simak Fakta Surat Utang ‘James Bond’ Berikut

Surat Utang james Bond cocok untuk milenial

Kali ini pemerintah kembali mengeluarkan sebuah instrumen Surat Utang Negara (SUN) . Adanya SUN ini bertujuan untuk mebiayai anggaran negara untuk pembangunan. Instrumen kali ini ditujukan khusus untuk milenial karena Pemerintah menerbitkan SUN ritel berbasis online (e-SBN). Instrumen ini diberi nama Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007, mirip dengan kode agen rahasia di cerita fiksi James Bond. Karena berbaasis online, maka cara pembeliannya pun dibuat semudah mungkin dengan metode serba online. Dari sisi keuntungannya pun Surat Utang James Bond ini sangat cocok untuk generasi milenial. Dilansir dari detikFinance, berikut fakta-faktanya.

Baca juga: Penelitian: Gara-Gara Medsos, Milenial Makin Boros

1. SBR007 Tawarkan Kupon Minimum 7,5%

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan resmi meluncurkan SBR007 pada Kamis (11/7) kemarin.

Lucky Alfirman, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, menegaskan bahwa SBR007 itu produk pemerintah untuk membiayai APBN. Jadi instrumen ini diterbitkan oleh pemerintah.

SBR007 merupakan obligasi negara tanpa warkat. Jadi, instrumen ini tidak dapat ditransaksikan di pasar sekunder dan juga tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo, kecuali pada masa pelunasan sebelum jatuh tempo.

SBR007 bisa dibeli dengan minimum pemesanan Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Isntrumen ini sudah bisa dibeli mulai Jumat (12/7) kemarin pukul 09.00 WIB hingga penutupan 25 Juli 2019 pukul 10.00 WIB.

Baca Juga  Untuk Milenial, Simak Kegunaan Tersembunyi dari Kartu Kredit Berikut!

Selain itu, kupon yang dimiliki SBR007 berjenis mengambang dengan batasan tingkat kupon minimal (floating with floor). Kuponnya akan mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7 days reverse repo rate.

Adapun perhitungan kuponnya adalah suku bunga acuan BI ditambah spread 1,5%. Untuk tingkat kupon periode 3 bulan pertama (Juli-Oktober 2019) suku bunga acuan yang berlaku diambil di level 6%. Itu artinya kupon yang diberikan 7,5%.

Jadi, level 7,5% merupakan batasan minimumnya. Dalam artian bahwa mesipun suku bunga BI turun, maka kupon SBR007 tetap di 7,5%. %. Namun jika BI menaikan suku bunga acuan kupon SBR007 akan ikut naik.

Pembayaran kupon pertama kali dilakukan pada 10 September 2019. Untuk selanjutnya setiap tanggal 10 tiap bulannya kupon akan dibayarkan.

SBR007 ini ditetapkan tanggal jatuh temponya pada 10 Juli 2021. Meski tak bisa dicairkan hingga jatuh tempo itu, ada masa early redemption yang jatuh pada 10 Agustus 2020. Namun maksimal yang bisa dicairkan adalah 50%.

Baca Juga  Pemerintah RI Siap Keluarkan Pandemic Bond

2. Kelebihan Surat Utan ‘James Bond’ yang Cocok Untuk Milenial

Pertama, instrumen ini dibuat oleh pemerintah untuk membiayai APBN. Jadi, jelas untuk pembayaran kuponnya akan selalu aman. Karena tidak pernah dala sejarah bahwa pemerintah default (gagal bayar).

Kedua, dari segi return cukup menarik. Sesuai yang sudah dijelaskan pada poin pertama bahwa SBR007 ini memiliki kupon berjenis mengambang dengan batasan tingat kupon minimal (floating with floor). Jadi, ketika suku bungan BI turun kuponnya tetap di 7,5%. Sementara jika suku bunga BI naik, maka kuponnya juga ikut naik.

Ketiga, SBR007 menawarkan kemudahan karena dapat dibeli secara online. Instrumen investasi ini bisa dibeli dengan minimum pemesanan sebesar Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Baca juga: Milenial, Siapkan 3 Hal Berikut Untuk Masa Depan

3. Cara Membeli Surat Utang ‘James Bond’

Dilansir dari detikFinancial, SBR007 bisa dibli online atau melalui mitra distribusi. Pemerintah menunjuk beberapa mitra untuk mendistribusikan SBR007. Berikut daftarnya; Bank Central Asia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Maybank Indonesia, Bank CIMB Niaga, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank DBS Indonesia, Bank HSBC Indonesia

Baca Juga  3 Marketplace Reksadana Terdaftar OJK

Trimegah Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas, Bareksa Portal Investasi, Star Mercato Capitale, Nusantara Sejahtera Investama, Investree Radhika Jaya (Investree) dan Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku).

Cara pertama jika ingin membeli Surat utang ‘James Bond’ adalah membuka website salah satu mitra distribusi, lalu lakukan registrasi secara online. Investor melakukan registrasi melalui sistem online Midis. Bagi investor baru perlu membuat Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga via sistem pemesanan online.

Setelah membaca ketentuan dalam memorandum informasi, lakukan pemesanan SBR007 melalui sistem elektronik Midis.

Selanjutnya, investor akan mendapatan kode pembayaran setelah orderan terverifikasi via sistem elektronik Midis atau email. Kode tersebut digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

Setelah itu, pembayaran bisa dilakukan melalui seluruh Bank/Pos Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran seperti teller, ATM, internet banking dan mobile banking. Batasan waktu pembayaran maksimal 3 jam sejak pemesanan dinyatakan terverifikasi.

Nah, setelah sudah dibayarkan, investor akan memperoleh NTPN Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar. Setelah itu baru diterima bukti kepemilikan SBR via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar.

Tinggalkan Balasan

harga garam anjlog hingga 50 persen.

Harga Garam Anjlog Hingga 50 Persen. Apa Saja Penyebabnya?

bisnis batik

Tips Jitu Memulai Bisnis Batik