in

Sudah Ketok Palu? Kalimantan Sudah Jadi Ibu Kota Negara

kalimantan

Presiden Joko Widodo sudah memutuskan ibu kota Jakarta akan dipindahkan ke Kalimantan. Dikutip dari Tribunnews, keputusan tersebut sudah dipastikan oleh Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang digelar Senin (29/7) kemarin. Namun, kepastian provinsi akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang.

Baca juga: Bersiaplah! ‘Black Friday’ Ala Indonesia di Bulan Agustus

3 Kota yang Menjadi Alternatif Ibu Kota

Pada bulan April awal yang lalu merupakan permulaan penentuan kepastian perpindahan ibu kota ini. Ada 3 kota yang menjadi alternatif lokasi Ibu Kota yang baru. Yakni di Provinsi Kalimantan Tengah (Palangka Raya), Provinsi Kalimantan Selatan (Tanah Bumbu ), dan terakhir Provinsi Kalimantan Timur (Panajam).

“Sejauh ini sudah tiga alternative daerah yang lahannya siap untuk menjadi ibu kota baru. Ada yang 80.000 hektare, 120.000 hektare, ada juga yang 300.000 hektare. Lahan seluas itu lebih dari cukup, mengingat DKI Jakarta sendiri memiliki luas sekitar 66.000 hektare,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Diketahui biaya untuk perpindahan Ibu Kota negara ini tercatat mencapai Rp 465 triliun. Pulau Kalimantan pun dipastikan menjadi pulau Ibukota bernaung. Sementara untuk provinsinya, Jokowi disebut-sebut lebih condong ke Kaltim dan Kalteng.

Baca Juga  3 Efek Yang Membebani Pertumbuhan Ekonomi Akibat Virus Corona

Selain itu, Bappenas juga ditargetkan untuk bisa menyelesaikan masterplan pemindahan Ibu Kota Negara sebelum bulan Agustus. Lokasi final ibukota pun diduga akan bisa diumumkan setelah masterplan ini.

“Sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan dalam konsep pengelolaan ibu kota negara yakni sarana utilitas, gedung perkantoran, dan fasilitas publik,” menurut keterangan tertulis Kementerian PPN/Bappenas.

Sementara untuk proses pemindahan ibu kota negara dilakukan secara bertahap hingga lima tahun kedepan.

Baca juga: Mantan Ibu Kota, Jakarta Mampu Bersaing dengan Kota-Kota Besar Asia Tenggara

Tinggalkan Balasan

berbisnis smartphone

Berbisnis Smartphone? Wajib Simak Beberapa Tips Jitu Ini! (Part 2)

karier kuliah

Ingin Peluang Karier Terbuka? Jangan Lakukan Hal ini Saat Masih Kuliah!