in

Imbas Listrik Padam Massal, Gangguan Jaringan Internet dan Layanan ATM Dimana-mana

Dampak mati listrik

Listrik padam massal dari Jakarta sampai merembet ke Jawa Tengah (Jateng) menyebabkan gangguan jaringan internet untuk beberapa provider dan layanan ATM di berbagai tempat. Untuk informasi, penyebab listri mati massal adalah gangguan transmisi Ungaran-Pemalang dengan kapasitas 500 kV.

Baca juga: Dampak Mati Listrik 4 Agustus di Bidang Trasportasi. Apa Saja?

Jaringan Intrnet Terganggu

Imbas listrik padam massal ini menyebabkan jaringan Telkomsel terganggu. Misalnya layanan telepon yang tak bisa digunakan, dan juga layanan internet yang naik-turun.

Dikutip dari detikFinance, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin pun memberikan keterangan,” Saat ini telah terjadi gangguan pasokan listrik dari PLN di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sekitarnya. Kondisi jaringan Telkomsel, hingga saat ini kami masih menginventarisir jumlah perangkat jaringan yang terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan ini,”

Saat ini, pihaknya masih melakukan pengecekan mengenai jumlah perangkat yang mengalami gangguan jaringan. Namun, ia juga memastikan bahwa kondisi pasokan listrik cadangan pada pemancar jaringan Telkomsel akan tetap aman.

Baca Juga  Saham Bank Dijual Warren Buffett, Kenapa?

Rupanya, selain Telkomsel, layanan seluer Indosat Ooredoo juga mengalami masalah. Yaitu tak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telpon dan juga terkendala pada sambungan internetnya.

Baca juga: Jangan Lupa Promo Bulan Agustus, Diskon Sampai 74 Persen!

Sejumlah ATM Mati

Selain berimbas ke jaringan seluler, matinya listrik secara serentak dan cukup luas ini juga berakibat pada sistem operasional Bank.

Terpantau ATM BNI di sekitar Jagakarsa, Jakarta Selatan mati tidak dapat dioperasikan sekitar pukul 12.00 WIB pada Minngu (4/8) kemarin.

Selain itu, ATM Bank Central Asia (BCA) juga tumbang. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra.

“Sehubungan dengan pemadaman listrik yang terjadi di sebagian wilayah se-Jabodetabek yang mengakibatkan terganggunya sebagian layanan ATM, mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut,” tutur Hendra.

Namun, pihaknya menambahkan bahwa nasabah BCA tetap bisa mengakses layanan perbankan melalui layanan elektronik.

Baca juga:Dominasi BUMN Bisa Menghalangi Investasi Asing

Tinggalkan Balasan

tips Menghindari Kehancuran dalam Masa Resesi Ekonomi

Nilai Tukar Rupiah Melemah Tipis di Awal Pekan

Dampak Mati Listrik 4 Agustus di Bidang Trasportasi. Apa Saja?