in

Investasi Ikut Meredup Gara-gara Listrik Padam Massal

listrik padam massal

Listrik padam secara massal membuat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) kecewa akan kinerja PT PLN. YLKI sangat menyesalkan akan terjadinya pemadaman listrik secara total di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat.

“Oleh karena itu, program pemerintah seharusnya bukan hanya menambah kapasitas pembangkit PLN,” ujar Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi dalam keterangan medianya, Senin (5/8) kemarin, dikutip dari Indonesiainside.id.

Disamping itu, Tulus Abadi juga menuturkan bahwa PT PLN juga harus meningkatkan keandalan pembangkit dan infrastruktur pendukung lainnya. Sebagai contoh transmisi, gardu induk, gardu distribusi.

Apa saja imbas dari pemadaman listrik massal?

Diketahui dari artikel sebelumnya, Dampak Mati Listrik 4 Agustus di Bidang Trasportasi. Apa Saja?  

Imbas Listrik Padam Massal, Gangguan Jaringan Internet dan Layanan ATM Dimana-mana

Pemadaman massal ini tidak hanya mempengaruhi kinerja transportasi umum, koneksi internet, serta gangguan ATM. Namun, matinya listrik ini juga merugikan  sektor pelaku usaha. Apalagi untuk kawasan bisnis dan industri di Jabodetabek.

“Dan hal ini bisa menjadi sinyal buruk bagi daya tarik investasi di Jakarta dan bahkan Indonesia. Kalau di Jakarta saja seperti ini, bagaimana di luar Jakarta, dan atau di luar Pulau Jawa?” kata Tulus Abadi.
Managemen PT PLN pun dimintai oleh pihak YLKI untuk menjelaskan pada publik apa penyebab gangguan pembangkit di Suralaya. Selain itu, YLKI juga meminta PT PLN memberikan kompensasi pada konsumen.

Baca Juga  Tok! Kaltim Sah Jadi Ibu Kota RI

Menanggapi hal ini, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah Redjalam mengatakan bahwa 30 persen perekonomian Indonesia terkena imbas dari padamnya listrik tersebut. Pasalnya, 55 persen perekonomian Indonesia ditopang oleh pulau Jawa.

Baca juga: Listrik Padam Serentak, PLN Akan Berikan Kompensasi Kepada Pelanggan

Sebagai tambahan, Piter juga menyampaikan bahwa dunia investasi pun pasti akan terkena imbasnya. Pasalnya, dengan adanya kejadian padam listrik secara massal ini bisa mempengaruhi kegiatan usaha, maka kepercayaan investor yang diberikan di Indonesia pun akan menurun.

Tinggalkan Balasan

Daftar Tabungan Haji Bank-bank di Indonesia

Daftar Tabungan Haji Bank-bank di Indonesia

keuntungan bisnis waralaba

Ingin Memulai Bisnis Waralaba? Simak Keuntungannya!