in

Akibat Mati Listrik Massal, Industri Ini Alami Kerugian Ratusan Miliar

Dampak mati listrik

Mati listrik Minggu (04/08/2019) lalu memberi dampak yang luar biasa terhadap dunia industri.  Industri petrokimia dalam negeri menghadapi potensi kehilangan pendapatan atau opportunity lost ratusan miliar.  Industri petrokimia harus menelan kerugian sekitar Rp 300 miliar selama listrik padam.

Dilansir dari Kompas, Jenderal Asosiasi Industri Olefin Aromatik dan Plastik Indonesia, Fajar Budiono mengatakan sebanyak 15 pabrik Petrokimia di Jawa Barat dan Banten mematikan mesin produksi secara total akibat listrik yang padam. Fajarmenambahkan produksi diperkirakan akan berjalan normal lagi pada hari ini (Rabu, 07/08/2019).

Baca juga: Investasi Ikut Meredup Gara-gara Listrik Padam Massal

Perusahaan lain

Market place

Vice President CorporateCcommunications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan pemadaman listrik berdampak terhadap aktivitas pelayanan kepada konsumen meskipun dampak itu tidak signifikan.

Selain Tokopedia, Shopee Indonesia juga mengalami hal yang sama. Country Brand manager shopee Indonesia, Rezky Yanuar menceritakan listrik yang padam mulai Minggu siang menurunkan jumlah pengunjung aplikasi belanja daring tersebut. Penurunan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 5% jika dibandingkan dengan Minggu sebelumnya

Baca Juga  Hati-Hati Dengan Bandar Saham! Yuk, Lebih Mengenal Bandarmologi (Part 1)

Baca juga: Listrik Padam Serentak, PLN Akan Berikan Kompensasi Kepada Pelanggan

Telekomunikasi

Dikatakan oleh MenteriKkomunikasi dan Informatika, Rudiantara, dampak terbesar dari listrik padam dialami oleh operator telekomunikasi Telkomsel. Rudiantara memperkirakan sekitar 25% dari perangkat jaringan pemancar Telkomsel terkena dampak listrik padam

Perusahaan telekomunikasi yang juga terkena dampak mati listrik massal ini yaitu PT XL Axiata Tbk. Group Head Corporate Communications PT XL Axiata Tbk Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa XL Axiata berusaha mengirim generator listrik ke pemancar pemancar di lokasi terdampak

Baca juga: Imbas Listrik Padam Massal, Gangguan Jaringan Internet dan Layanan ATM Dimana-mana

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menegur para jajaran direksi PT PLN Persero. Jokowi menegur direksi PT PLN terkait aliran listrik yang mati di hampir seluruh Pulau Jawa. Jokowi heran mengapa backup plan PLN tidak berjalan baik saat pemadaman listrik.

Hal itu dikatakan Jokowi saat bertemu Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan jajaran direksi lainnya di Kantor PLN Pusat Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Baca Juga  Pengertian dan Fungsi Akun Demo

“Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, menurut saya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada contigency plan, ada back up plan. Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik,” kata Jokowi.

Tinggalkan Balasan

buruh tolak revisi UU ketenagakerjaan

Para Buruh Tolak Revisi UU 13/2003. Apa Alasannya?

xiaomi redmi 7a

Hari Ini, Xiaomi Luncurkan Redmi 7A di Indonesia