in

5 Tips Jitu Agar Rumah Kontrakan Langsung Laku

tips rumah kontrakan cepat laku

Bisnis rumah kontrakan memang menjadi salah satu ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Apalagi harga tanah yang selalu naik setiap harinya.

Namun, sebelum Anda terjun ada baiknya mengetahui bagaimana cara yang tepat agar bisnis rumah kontrakan yang anda geluti berjalan dengan lancar. Dilansir dari Kompas berikut 5 tips agar rumah kontrakan bisa laku dengan cepat

1. Pastikan Rumah Layak Huni atau Disewakan

Rumah rentan terhadap kerusakan, apalagi kalau rumah dibiarkan kosong selama bertahun-tahun. Sebelum disewakan kepada orang lain, coba pastikan kelayakan rumah terlebih dahulu.

Apabila bagian tertentu mengalami kerusakan, maka segera perbaiki agar rumah tampak bagus, baik dari luar maupun dari dalam serta layak huni. Sehingga orang tertarik untuk menyewa rumah Anda.

Baca juga: Tips Mewujudkan Rumah Impian dengan Penghasilan Pas-pasan

Anggaplah rumah sewaan seperti rumah sendiri. Rawat rumah dengan baik. Jika perlu, tambahkan taman atau kolam berenang jika memang memungkinkan agar orang lain betah menyewa rumah Anda.

Pembangunan fasilitas tambahan membutuhkan biaya yang lumayan besar. Tapi Anda bisa membebankan biaya ini kepada penyewa melalui uang sewa bulanan atau tahunan. Percayalah, uang tersebut akan balik modal setelah beberapa waktu kemudian.

Baca Juga  Mengukur Kesuksesan Bisnis Anda, Beranikah?

2. Pastikan Lokasinya Memang Strategis

Lokasi menjadi bahan pertimbangan orang saat menyewa rumah. Akan lebih baik jika rumah Anda terletak di lokasi strategis, seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, kampus, perkantoran atau tempat makan.

Baca juga: Beli Rumah? Ini 4 Keuntungan KPR yang Perlu Diketahui

Selain memudahkan penyewa saat beraktivitas, lokasi strategis dapat meningkatkan harga sewa rumah. Apabila lokasi rumah berada di dalam gang, pastikan gangnya tidak terlalu kecil agar kendaraan mudah keluar masuk.

 

3. Tentukan Target Penyewa

Mengetahui target penyewa juga penting. Sebab, Anda bisa menentukan apa saja fasilitas yang harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan calon penyewa.

Sebagai contoh, bila target penyewa itu para pekerja kantoran lajang atau orang yang sudah berkeluarga tentunya berbeda berbagai perlengkapan yang ada di rumah sewaan Anda. Jika target Anda mereka yang sudah berkeluarga, tentu ketersediaan ruang yang lebih besar juga harus disiapkan.

4. Menyesuaikan Harga di Pasaran dan Fasilitas yang Disediakan

Mengingat persaingan harga sewa rumah sangat tinggi, lebih baik lakukan survei di pasaran dan sesuaikan dengan fasilitas yang Anda sediakan. Sebab berbagai fasilitas yang Anda berikan bisa menjadi penentu harga sewa nantinya.

Baca Juga  Lazada: Pentingnya Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan

Cari referensi harga pembanding melalui situs agen properti atau situs jual-beli dan sewa rumah. Apabila harga sewa tidak terlampir, Anda bisa menghubungi pemilik rumah tersebut untuk menanyakan harga sewanya per tahun bahkan per bulan.

5. Pasang Iklan atau Spanduk Maupun secara ‘Online’ di Marketplace

Tips terakhir yang perlu Anda lakukan agar rumah kontrakan cepat laku adalah memasang iklan baik secara offline dengan spanduk maupun iklan di internet. Cara ini cukup efektif dan efisien untuk mendatangkan calon penyewa, baik penyewa sekitar ataupun perantau yang datang dari kota seberang.

Cantumkan deskripsi rumah dengan lengkap. Mulai dari luas rumah, bahan bangunan, jumlah kamar tidur, kamar mandi, dan fasilitas lainnya. Sertakan pula gambar yang berkualitas agar iklan semakin menarik.

Tinggalkan Balasan

kesalahan dalam bisnis franchise

Kesalahan-Kesalahan yang sering Terjadi dalam Bisnis Waralaba (Part 1)

Cara Bangkit dari kerugian trading

Waspada! Penipuan Pialang GCG Asia Merugikan Masyarakat