in

Kesalahan-Kesalahan yang sering Terjadi dalam Bisnis Waralaba (Part 2)

kesalahan dalam bisnis franchise

Kita memang tidak akan pernah tahu, jika bisnis yang kita jalankan akan terus berkembang atau tidak. Akan tetapi  untuk menghidari kegagalan kita bisa belajar dari kesalahan orang yang pernah melakukan bisnis usaha tersebut. Selain itu kita juga bisa belajar melalui orang yang sudah sukses dalam melakukan bisnis, lalu kita analisa dari kegagalan dan kesalahan franchisor mana yang mungkin bisa anda hindari dan bisa anda terapkan dalam menjalankan bisnis. Setelah mempelajari Kesalahan-Kesalahan yang sering Terjadi dalam Bisnis Waralaba (Part 1) berikut adalah lanjutan yang harus anda baca:

4. Salah Memilih Partner Bisnis

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh Franchisor atau pelaku bisnis franchise adalah kurang tepat dalam memilih partner bisnis. Sebaiknya Anda memilih Partner bisnis yang punya pengalaman di bidang yang sama, atau paling tidak partner bisnis Anda haruslah mengerti mengenai bidang usaha Franchise yang sedang dijalankan, berikut risikonya. Sehingga saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, partner tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah kita, bukan malah menambah masalah dalam sebuah bisnis yang dijalankan, atau bahkan meninggalkan kita ketika ada masalah dalam usaha yang dijalankan.

Baca Juga  Ini Fakta Bisnis Unicorn yang Menjadi Perbincangan Publik

5. Terlalu Cepat Membuka Cabang

Biasanya ukuran bisnis franchise yang sukses dapat dinilai dengan bertambahnya cabang baru di tempat tertentu. Namun jangan salah, jika manajemen dari usaha franchise ini belum siap untuk perkembangan cabang baru, bisa jadi bisnis ini malah akan mendatangkan kerugian. Semakin banyak cabang baru yang dibuka, maka semakin banyak dana operasional yang dibutuhkan untuk melakukan pengontrolaan dan pembiayaan usaha. Sebaiknya sesuaikan kemampuan pembukaan cabang baru dengan pihak manajemennya.

6. Tidak memiliki SOP

Sebagai pemilik usaha franchise, Anda sebaiknya mempersiapkan kompetensi SDM dengan baik dan memiliki standar operasional yang sudah tertata. Karena sebuah usaha franchise adalah usaha yang dijalankan  oleh banyak pihak namun dituntut memiliki kualitas yang sama. Jika seorang pengusaha franchise tidak memiliki SOP atau SDM yang baik, maka adanya kesalahan dalam proses operasional pada satu cabang akan mungkin muncul dan memberi imbas yang buruk pada seluruh cabang yang lainnya.

Itulah kesalahan – kesalahan franchisor yang harus Anda jadikan pelajaran. Selamat Berbisnis

Baca Juga  Wall Street Ambrol, IHSG Diproyeksi Di Zona Merah

Tinggalkan Balasan

aplikasi investasi stockpile

Aplikasi Trading Forex dan Aplikasi yang Patut Anda Coba

Destry Damayanti, deputi gubernur senior BI.

Profil Deputi Gubernur Senior BI yang Baru, Destry Damayanti