in

Cara Mengajarkan Berbisnis kepada Buah Hati

Tak ada salahnya jika sedari kecil anak-anak sudah diajak untuk melek berbisnis, meski dengan cara yang masih sederhanaz mempercayakan uang saku, misalnya

Masa anak-anak adalah masa yang tepat untuk menerapkan segala kebiasaan positif. Bukan melulu main dan dimanja di rumah. Namun hendaknya apa yang dilakukan bisa diarahkan sebagai bekal masa depan. Tak ada salahnya jika sedari kecil anak-anak sudah diajak untuk melek berbisnis, meski dengan cara yang masih sederhana, seperti memercayakan uang saku, atau juga mengajari mereka untuk berjualan.

Untuk belajar berjualan tak perlu hal yang rumit, cukup mencari barang sederhana yang sering dicari. Berikut adalah ide berjualan yang dilansir dari kompas.com.

1. Membuat Aksesoris

Aksesoris biasanya sering digunakan oleh anak perempuan. Biasanya anak-anak sangat menyukai segala jenis dan bentuk aksesoris. Mulai dari gelang, anting, kalung, dan bando. Anda yang sudah tahu bagaimana cara membuatnya bisa mengajari anak langkah-langkah yang tepat untuk menghasilkan aksesoris yang cantik.

Untuk bahan membuat aksesoris bisa dibeli di pasar agar harga beli yang didapatkan lebih mudah. Kalau aksesorisnya sudah jadi, coba ajak anak untuk menawarkannya kepada teman-temannya. Jika teman-temannya menyukai hasil karyanya, maka ia akan semakin senang dan ingin membuat aksesoris dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Kesenangan inilah yang nantinya akan membuat anak-anak terus meneruskan berbisnis aksesoris ini.

Baca Juga  Mencicipi Pedasnya Ayam Geprek, Siapa Takut?

Baca juga: Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Simak Tips Jitu Berikut!

2. Jualan Makanan dan Minuman

Kalau yang satu ini sudah pasti laris manis di pasaran, apalagi di kalangan anak-anak. Pasalnya, anak-anak sangat suka dengan namanya snack dan ice cream, jus, atau es teh. Ketiga minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Jika memiliki halaman pekarangan rumah yang luas, Anda bersama anak bisa bersama-sama membuka bisnis yang satu ini. Namun alangkah baiknya jika bisnis ini dijalankan di tempat yang ramai dikunjungi anak-anak, misalnya taman bermain.

3. Menyewakan Buku

Apakah Anda termasuk orang tua yang suka membaca buku? Kalau “iya” berarti Anda memiliki banyak koleksi buku di rumah. Begitu juga dengan anak, pasti hobi membaca buku akan turun kepadanya. Manfaatkan semua koleksi buku yang dimiliki sebagai wadah untuk kreativitas anak.

Bagaimana caranya? Anda bisa menyuruh anak untuk mulai menyewakan berbagai macam buku yang dimilikinya kepada teman-teman di sekolahnya, bisa juga kepada temannya bermain di kawasan komplek rumah. Uang yang dihasilkan dengan cara ini terbilang lumayan. Setidaknya anak sudah bisa menghasilkan uang sendiri dan tidak perlu lagi meminta kepada Anda.

Baca Juga  4 Risiko Bisnis Online yang Patut Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

nilai bisnis limbah makanan - Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Limbah Makanan Bernilai USD 2,5 Triliun

Deskripsi Produk Toko Online, Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menulisnya

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menulis Deskripsi Produk Toko Online