in

6 Pedoman Bisnis Orang Jepang yang Harus Anda Tiru

Langkah agar Perusahaan Go Public

Bangsa Jepang terkenal sebagai bangsa peradaban yang maju dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, teknologi, hingga ekonomi. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai pedoman bisnis orang Jepang yang dikutip dari buku Ann Wan Seng yang berjudul “Pedoman Bisnis Orang Jepang”.

1. Sifat Positif

Fakta menarik pertama dari pedoman bisnis orang Jepang adalah sifat positif yang melekat dalam diri mereka di kehidupan sehari-hari. Mereka tidak mudah menyerah untuk meraih apa yang dituju dan tidak berhenti di tengah jalan begitu mengalami hambatan. Orang Jepang terkenal dengan rasa cinta yang tinggi pada negaranya, dan mereka untuk bersama-sama memajukan negaranya sebagai salah satu negara maju yang diakui dunia.

Baca juga: 7 Prinsip Samurai yang Bisa Diteladani Seorang Karyawan

2. Semangat Bushido

Semangat Bushido merupakan prinsip ksatria Jepang atau lebih dikenal dengan samurai, yang sudah diterapkan sejak tahun 1192. Ada tujuh kebajikan yang terdapat dalam semangat Bushido, yaitu kesungguhan, keberanian, kemurahan hati, penghargaan (menghargai orang lain), kejujuran, kehormatan, dan kesetiaan. Jadi bukan mengajarkan untuk melakukan segala cara agar dapat sukses, namun bagaimana cara yang benar untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga  Lazada: Pentingnya Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan

3. Managing Skill

Fakta menarik selanjutnya mengenai cara bisnis orang Jepang dilihat dari bagaimana mereka mengelola organisasi atau managing skill. Managing skill yang diterapkan orang Jepang adalah mereka selalu menekankan pada kepentingan setiap anggota. Mereka terbuka dalam menerima masukan dan kritik dengan senantiasa melakukan dialog dengan team. Dan dalam proses pengambilan keputusan pun penuh pertimbangan yang matang, tidak dilakukan dengan sewenang-wenang.

Baca juga: Mengenal Teknik Kakeibo, Seni Menyimpan Uang ala Jepang

4. Kebiasaan Hidup

Jika mengunjungi Jepang, mungkin kita akan sedikit kaget melihat bagaimana gaya hidup mereka yang serba cepat. Kebiasaan hidup lain yang selalu diterapkan orang Jepang adalah kerja keras dan tekad yang kuat dalam meraih apa yang diimpikan. Tak heran jika kita sering mendengar berita tentang para ilmuwan, pebisnis, penemu, dan orang-orang sukses lainnya datang dari negeri sakura tersebut.

5. Asas Memandang ke Timur

Orang Jepang memiliki budaya dalam bekerja yaitu asas memandang ke Timur, yang berarti giatnya mereka dalam melakukan pekerjaan. Hal lain yang juga menjadi budaya yang menonjol dalam kebiasaan kerja orang Jepang adalah kerjasama tim yang baik. Hal ini juga terkait dengan dedikasi tinggi orang Jepang kepada pekerjaannya, sehingga tak heran jika mereka rela menghabiskan waktu lama untuk bekerja.

Baca Juga  5 Kualitas Kepemimpinan Untuk Menjadi Pemimpin Ideal

6. Budaya Komunikasi Orang Jepang

Fakta menarik yang terakhir dari pedoman bisnis orang Jepang dilihat dari memilih untuk bertemu langsung agar lebih pasti dan jelas. Fakta tersebut menunjukkan bahwa orang Jepang memegang teguh prinsip dan nilai-nilai yang diturunkan dari nenek moyang mereka. Hal ini tentu dapat menjadi pelajaran untuk kita menjaga nilai-nilai leluhur yang positif dan menerapkannya dalam berbagai aspek kehidupan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan Balasan

manfaat lain fitur gofood

Ramaikan Pesanan Restoran, Hanya dengan Daftar Go-food

bisnis untuk ibu rumah tangga

5 Bisnis Menggiurkan Untuk Ibu Rumah Tangga