in

10 Bisnis yang Terancam Dalam Beberapa Tahun Kedepan (Part 1)

jenis-jenis usaha yang terancam

Globalisasi dan perkembangan teknologi membuat sektor ekonomi dan bisnis di seluruh dunia mengalami kemajuan yang teramat pesat.

Perubahan drastis tersebut menghadirkan banyak sekali peluang bisnis baru bagi orang-orang yang jeli dalam melihat dan memanfaatkannya.

Di sisi lain, perubahan in juga menghadirkan tantangan bagi usaha-usaha yang sudah ada. Berikut ini 10 bisnis yang akan terancam dalam beberapa tahun kedepan dari Teman bisnis.

1. Agen Perjalanan

Usaha agen perjalanan konvensional merupakan salah satu dari sekian banyak usaha yang terancam untuk beberapa tahun kedepan.

Munculnya perusahaan pemesananan tiket online yang menawarkan kemudahan dan diskon-diskon yang diluar nalar membuat usaha agen perjalanan kerap tergerus target pasarnya.

Belum lagi, mudahnya akses informasi melalui internet membuat banyak sekali travellers memilih metode backpacker atau liburan mandiri tanpa memakai jasa agen perjalanan.

2. Penerbit Koran

Dewasa ini, masyarakat mulai menyukai akses berita dalam bentuk paperless dengan menggunakan portal di internet. Hal ini membuat perusahaan penerbit koran mulai terancam.

Baca Juga  Strategi Pemasaran untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Pencetakan koran yang memerlukan biaya dan tidak ramah lingkungan (karena memakai kertas) sedikit demi sedikit mulai berkurang peminatnya.

Dengan adanya fenomena tersebut, dengan mudah kita jumpai perusahaan-perusahaan penerbit koran yang mulai mengurangi produksi koran yang dicetak dan beralih ke penyediaan berita online.

Hal ini membuat perusahaan koran yang tadinya mendapatkan keuntungan dari penjualan koran, harus kembali memutar otak untuk memikirkan monetasi yang sesuai agar perusahaanya tetap bisa bertahan dengan skema yang baru, misalnya melalui iklan, event, dan sumber penghasilan lainnya.

3. Toko Buku

Di zaman serba canggih ini, segala sesuatu bisa dipesan secara online, tak terkecuali buku. Hal ini membuat usaha toko buku konvensional menjadi terancam.

Selain itu, dengan banyaknya akses terhadap e-book gratis, membuat masyarakat memiliki banyak pilihan yang lebih menjanjikan dibanding harus meluangkan waktu dan uang untuk membeli buku di toko buku.

4. Penjual Pulsa dan Sim Card

Sekarang ini sedang maraknya arus “hijrah” masyarakat yang berlangganan kartu GSM dari metode pra-bayar menjadi pasca-bayar. Hal ini membuat ketergantungan masyarakat terhadap pulsa menjadi menurun.

Baca Juga  Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil

Selain itu, adanya aturan pemerintah terbaru yang membatasi kepemilikan sim card juga sedikit banyak berperan dalam kelesuan pasar pulsa dan sim card perdana.

Tinggalkan Balasan

menjadi freelancer

Menjadi Freelancer? Jawab Dulu Beberapa Pertanyaan Berikut!

Ekonomi Kerakyatan yang Mewarnai Pertandingan Sepak Bola

Ekonomi Kerakyatan yang Mewarnai Pertandingan Sepak Bola