in

10 Bisnis yang Terancam Dalam Beberapa Tahun Kedepan

jenis-jenis usaha yang terancam

5. Penjual CD/DVD

Sebenarnya tanda-tanda surutnya pasar penjualan CD dan DVD, baik berisi game, film, atau musik, sudah terlihat dari beberapa tahun yang lalu semenjak maraknya situs-situs yang dapat menyediakan konten serupa secara gratis melalui media internet.

Apalagi jika yang dijual adalah konten bajakan. Praktis produk ini sudah jarang dilirik oleh masyarakat.

6. Petani

Tentunya tidak semua profesi petani akan punah, namun kedepannya area kerja petani akan menjadi terbatas karena sudah banyak tergantikan oleh mesin. Saat ini saja, penggilingan padi sudah tidak dilakukan secara manual melainkan menggunakan mesin.

Kedepannya, bukan tidak mungkin jika tugas petani yang lain seperti mengecek kesehatan padi, mengairi dan membajak sawah, dan menentukan kapan waktu panen juga akan digantikan oleh mesin atau artificial intelligence (AI).

Pada akhirnya, usaha bertani bukan lagi menjadi usaha bagi seorang petani yang “terampil” dalam bertani melainkan menjadi usaha bagi orang-orang yang memiliki cukup modal untuk membeli semua teknologi dalam bertani.

7. Jasa Pengiriman Surat

Jasa pengiriman pesan berperangko nyaris seluruhnya telah tergantikan dengan subtitusi terkuatnya, electronic mail (e-mail).

Baca Juga  Jual Beli di Tokopedia Masih Aman

Dewasa ini e-mail dapat digunakan sebagai media formal maupun informal untuk mengirimkan pesan, berkomunikasi, dan bahkan mengiklankan sesuatu.

Penurunan permintaan masyarakat terhadap jasa pengiriman pesan berperangko juga dikonfirmasi oleh PT Pos Indonesia berdasarkan pengamatan penjualan jasa dari waktu ke waktu.

8. Produsen Kamera

Kamera menjadi barang yang boleh jadi tidak memiliki subtitusi, setidaknya sampai era smartphone dengan kamera super canggih masuk dan merajai pasar.

Smartphone menawarkan all-in-one device dimana hanya dengan membeli satu buah barang, penggunanya dapat melakukan berbagai hal melalui barang tersebut seperti mengatur agenda, mendengarkan musik, menonton video, dan mengambil gambar serta video.

Memang kamera smartphone saat ini belum dapat dikatakan dapat mengungguli kualitas gambar dari kamera, kenyataannya masih banyak penggemar setia kamera yang tetap lebih percaya gambar dari hasil pengambilan lewat kamera.

Namun, bukan tidak mungkin pengembangan teknologi ke depannya akan mewujudkan hal tersebut: kualitas pengambilan gambar di smartphone yang setara atau bahkan mengungguli kamera.

9. Taksi

Taksi sebenarnya merupakan alternatif moda transportasi yang patut diperhitungkan. Meskipun harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan alternatif transportasi lainnya seperti angkot dan kereta listrik, namun taksi menawarkan kenyamanan, privasi, dan pengantaran sampai tujuan.

Di Indonesia, taksi sempat berjaya, setidaknya sampai perusahaan transportasi online masuk dan memberikan pilihan yang bahkan lebih menjanjikan dibandingkan taksi.

Baca Juga  Peluang Bisnis Busana Muslim di Tengah Pandemi Covid-19

Dengan adanya tekanan kompetisi yang semakin keras, tak jarang ditemukan perusahaan taksi yang gulung tikar.

Perubahan ini pasti kita rasakan karena jika kita perhatikan di jalan taksi-taksi semakin jarang ditemukan. Kecuali di beberapa tempat seperti bandara, stasiun antar-kota, dan mall-mall besar.

10. Penjual Offline

Semakin kesini, penjualan online semakin diminati. Dengan perbaikan sistem transaksi dan transparansi di toko-toko online yang semakin baik, kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online kian besar.

Tak jarang ditemukan perusahaan retail konvensional yang akhirnya juga menjual barangnya secara online demi mengikuti permintaan masyarakat.

Nah itulah jenis-jenis usaha yang diprediksi terancam keberadannya. Jika usaha anda termasuk salah satu dari yang disebut di atas, ada baiknya anda segera mencari alternatif jenis usaha lain, atau segera membuat inovasi-inovasi yang akan meningkatkan daya tawar produk anda.

 Artikel ini telah tayang di Teman bisnis dengan judu 10 Bisnis Yang Akan Terancam Dalam Beberapa Tahun Kedepan

Tinggalkan Balasan

milenial siapkan 3 hal

Micro Influencers Memberikan Keuntungan Besar untuk Pemasaran Bisnis Anda, Ini Alasannya!

Terapi Keuangan, Bagaimana Mereka Bekerja?