in

Membutuhkan Dana untuk Memulai, Dari Mana Asal Modal Pebisnis? (Part 2)

Sumber dana pebisnis

Sumber dana merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung bagi pebisnis,baik itu untuk membangun usaha/bisnis ataupun usaha yang sudah berjalan.  Disamping itu sumber dana merupakan salah satu faktor yang menunjukkan apakah Anda sudah siap terjun ke dunia bisnis atau tidak. Berikut adalah artikel lanjutan dari pembahasan sebelumnya mengenai asal modal pebisnis.

Angel Investor

Angel Investor adalah “orang baik” yang mau menggelontorkan sejumlah dana bagi sebuah perusahaan baru tanpa meminta balas jasa berupa pembagian keuntungan, setidaknya dalam waktu dekat.

Biasanya angel investor akan muncul jika ada suatu usaha yang memiliki kesamaan visi dengan dirinya. Kesamaan visi itulah yang membuat angel investor rela untuk memberikan dana yang boleh dikatakan terbilang cukup besar bagi usaha baru.

Jika usaha yang dijalankan gagal, angel investor akan menanggung semua kerugian lewat dana yang “dititipkannya” tersebut.

Namun jika usaha berhasil, nilai yang diberikan kepada perusahaan akan menjadi proporsi kepemilikan saham bagi angel investor.

Kompetisi

Kompetisi business plan atau business case juga menawarkan dana segar bagi sebuah usaha yang memenanginya.

Baca Juga  Mengukur Kesuksesan Bisnis Anda, Beranikah?

Kompetisi semacam ini biasanya menawarkan dua hal terkait permodalan: hadiah yang besar, atau kesempatan untuk unjuk gigi di depan para pemodal yang bermitra dengan penyelenggara acara.

Sebagai contoh, Teman Bisnis sendiri berhasil memperoleh dana tambahan dari kompetisi Global Venture Summit dan mendapatkan tambahan dana segar senilai USD 50.000.

Crowdfunding

Saat ini, usaha kecil maupun usaha baru juga mendapatkan kesempatan yang sama dengan perusahaan besar untuk memperoleh dana dari publik melalui crowdfunding.

Apabila bisnis anda sudah terdaftar pada lembaga yang mengelola crowdfunding, maka usaha anda akan berkesempatan mendapatkan dana dari banyak orang. Dana yang terhimpun bisa dibilang sangat mencukupi jika dipakai untuk operasional usaha anda.

Lembaga-lembaga pengelola crowdfunding sudah banyak yang fokus pada suatu industri atau sub-industri tertentu.

Contohnya ada igrow yang fokus di bidang agrikultur, ada karapan.id yang fokus menjual daging sapi, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah penjelasan mengenai berbagai macam sumber dana yang dimiliki pebisnis . Saran kami adalah agar anda bisa memilih setidaknya dua alternatif permodalan sehingga tidak terpaku pada satu sumber dana saja. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda, khususnya yang baru mau memulai sebuah bisnis.

Baca Juga  Ada Apa dengan Saham MNC? Kok Anjlok?!

Tinggalkan Balasan

website digital marketing

Ingin Belajar Digital Marketing? Kunjungi 3 Website ini

investasi yang tidak terpengaruh inflasi

Inflasi Agustus 2019 Diangka 0,15 %, Ini Sebabnya!