in

Kembangkan Bisnis UMKM dengan Berkiblat pada Singapura

SME Portal (Portal UMKM) adalah sebuah proyek garapan Pemerintah Singapura. SME Portal memiliki konsep komunitas modern yang menaungi semua pegiat UMKM di Singapura. SME Portal menghadirkan seluruh hal yang dibutuhkan oleh UMKM.

Komunitas ini didirikan pada tahun 2006 dan merupakan kolaborasi antara Pemerintah Singapura, mitra industri, dan perusahaan-perusahaan di Singapura.

Dari tahun ke tahun, SME Portal selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas sekaligus jenis pelayanan yang diberikan kepada UMKM.

Yuk kita dalami apa saja layanan yang diberikan oleh SME Portal kepada anggotanya. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi kita yang ingin membuat komunitas UMKM, atau kita yang menjadi anggota komunitas UMKM.

Informasi dan Berita Terkini Seputar UMKM

Setiap UMKM di Singapura dipersilakan untuk menjadi anggota SME Portal. Setelah sign-up, UMKM dapat mengatur sendiri informasi dan layanan apa saja yang ingin diperoleh.

Salah satu informasi yang bisa diakses melalui SME Portal adalah  berita terkini terkait ekonomi, bisnis, dan UMKM.

Mulai dari berita tentang perkembangan teknologi terkini, sampai dengan analisis prospek per industri secara lengkap tersedia untuk UMKM.

Baca Juga  5 Strategi Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Selain itu, terdapat pula fitur e-learning yang bisa diakses oleh para pengusaha UMKM yang memiliki keinginan kuat untuk menambah kapasitas mereka dalam berbisnis.

Panduan Bisnis

Selain itu, SME Portal juga dilengkapi dengan panduan bagi pebisnis UMKM di Singapura. Isi dari panduan tersebut adalah beberapa peraturan Pemerintah Singapura yang harus diketahui oleh pebisnis seperti perizinan, perpajakan, serta standar dan aturan lainnya.

Selain itu ada juga panduan bisnis yang berkaitan dengan marketing, keuangan, pembukuan, produksi, dan pengembangan bisnis.

Bantuan Finansial

Salah satu keuntungan UMKM yang bergabung dengan SME Portal adalah memiliki kesempatan untuk mengajukan bantuan finansial kepada pemerintah, atau lembaga yang bekerja sama dengan Pemerintah Singapura.

Bentuk bantuan yang tersedia juga beragam, mulai dari penanaman modal, pinjaman rendah bunga, sampai dengan pemberian dana hibah/dana cuma-cuma.

Selain itu, UMKM yang memenuhi syarat tertentu juga diberikan imbalan berupa keringanan, bahkan penghapusan kewajiban membayar pajak!

Peluang Kerjasama dan Jaringan

Anggota SME Portal akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tender-tender sebagai mitra Pemerintah Singapura. Pengumuman pembukaan tender akan selalu di-update di website SME Portal secara berkala.

Para UMKM juga berkesempatan memperluas jaringan dengan mengikuti event-event yang diselenggarakan oleh SME Portal.

 Artikel ini telah terbit di Teman bisnis dengan judul Cara Singapura Kembangkan UMKM

Tinggalkan Balasan

Sumber modal pebisnis

Membutuhkan Dana untuk Memulai, Dari Mana Sumber Modal Pebisnis? (Part 1)

website digital marketing

Ingin Belajar Digital Marketing? Kunjungi 3 Website ini