in

Merchandise Mampu Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Inilah Aneka Kegunaannya!

Sebagai pebisnis, Anda tentu punya berbagai “amunisi” dan cara untuk membuat konsumen tertarik terhadap merek dan produk usaha Anda. Salah satu taktik yang lumrah digunakan adalah dengan menggunakan pemikat berupa merchandise. Biasanya, merchandise diberikan sebagai suvenir atau hadiah hiburan secara cuma-cuma maupun bersyarat (misalnya disertakan dalam pembelian produk sebagai bonus).

Namun, kegunaan merchandise ternyata jauh lebih kompleks dari kesederhanaan alasan kehadirannya. Dengan penanganan tepat, merchandise mampu menjelma menjadi bagian strategi pemasaran mumpuni. Inilah aneka kegunaan merchandise yang bisa Anda optimalkan untuk usaha Anda.

1. Membangun merek yang kuat dan unggul

Identitas merek atau perusahaan Anda dapat tersemat dalam unsur desain merchandise, mulai dari warna, logo, dan slogan. Siapa saja yang melihat atau menggunakan merchandise, akan mudah mengasosiasikan unsur-unsur tersebut karena terpapar secara visual dalam intensitas tinggi, ibarat sebuah billboard iklan berjalan. Nantinya, asosiasi ini akan berkembang menjadi sebuah preferensi memilih merek usaha Anda yang lebih disukai dan dipercaya ketimbang kompetitor.

Baca Juga  Mendulang Uang Hanya dengan Internet

2. Menambah pendapatan usaha (sales revenue)

Melalui merchandise berbayar, Anda bisa mendulang keuntungan, jika mendapat sambutan baik di pasar sehingga merchandise dipandang sebagai koleksi berharga (collectible item). Ditambah juga pertambahan dari produk yang menjadi bagian dari bundling dengan merchandise tersebut. Pastikan Anda memiliki perhitungan cermat dan tepat pada pengadaan merchandise sehingga anggaran pemasaran Anda tidak terbuang sia-sia.

3. Memilah target konsumen

Jenis merchandise yang Anda keluarkan akan menjelaskan lebih tajam mengenai siapa sasaran utama merek dan usaha Anda di pasar. Dengan demikian, mereka yang merasa tidak perlu atau cocok menggunakan merchandise dapat dikatakan “tereliminasi” dari sasaran promosi. Tentu saja, target konsumen yang telah terdeteksi jelas semacam ini akan memudahkan Anda merancang strategi pemasaran selanjutnya.

4. Memperkuat kesetiaan pelanggan

Dengan adanya merchandise, selain membuat merek Anda unggul di benak pelanggan, pelanggan pun akan merasa mendapatkan penghargaan lebih. Efek selanjutnya, merek dan produk Anda akan selalu dicari. Tak ada alasan berpaling kepada produk competitor, bahkan menjadi sebuah motivasi untuk merekomendasikan merek usaha Anda kepada orang lain yang belum mengetahuinya.

Baca Juga  5 Tips Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Jadikan merchandise sebagai media penyampai pesan unik dari merek usaha Anda, bukan sekadar alat perebut perhatian konsumen. Tetaplah menjaga kualitas, meskipun Anda mengutamakan efisiensi pula demi terpakainya anggaran dengan optimal. Bagaimanapun juga, reputasi merek dan usaha Anda ikut dipertaruhkan. Selamat menumpahkan kreativitas untuk menciptakan merchandise menarik dan unggul!

Tinggalkan Balasan

investasi yang tidak terpengaruh inflasi

Inflasi Agustus 2019 Diangka 0,15 %, Ini Sebabnya!

solusi paspor hilang

Paspor Anda Hilang? Ini Solusinya!