in

Dapatkan Umpan Balik Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis Anda!

Di dunia bisnis, umpan balik pelanggan adalah salah satu poin penting yang dapat mengukur kesuksesan bisnis seseorang. Anda dapat menggunakan umpan balik pelanggan sebagai referensi ke mana bisnis Anda harus melangkah. Selain itu, umpan balik sering digunakan sebagai elemen dalam melakukan evaluasi bisnis.

Kebanyakan pebisnis setuju bahwa umpan balik penting untuk menciptakan  kesuksesan bisnis yang luar biasa.

Diterjemahkan dari laman Online Trading Asia, berikut adalah beberapa saran untuk mendapatkan umpan balik pelanggan Anda:

Lakukan survei online

Untuk mengetahui pendapat pelanggan, menyebarkan survei online tentu akan membuatnya lebih mudah.

Anda dapat menggunakan media sosial yang sekarang lebih canggih, seperti fitur polling di Instagram. Dengan fitur ini, Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan tentang produk atau layanan yang Anda berikan.

Kirim email ke pelanggan Anda

Email biasanya digunakan sebagai media komunikasi karena pelanggan merasa lebih bebas dalam mengekspresikan pendapat mereka secara panjang lebar. Bahkan, mereka juga bisa memasukkan foto di dalamnya.

Dibandingkan menunggu umpan balik dari pelanggan, mengapa Anda tidak mengirim email dan meminta pendapat terlebih dahulu?

Baca Juga  Jangan Salah! Introvert Juga Mampu Mencari Pekerjaan Sampingan

Misalnya, ada pelanggan yang menggunakan layanan agen perjalanan Anda. Setelah Anda selesai memberikan layanan kepada pelanggan, Anda dapat mengirim email kepada mereka untuk menanyakan pengalaman mereka saat menggunakan layanan Anda. Anda juga dapat memberikan pertanyaan tentang hal-hal apa yang harus diperbaiki sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk evaluasi.

Selain itu, anda harus tetap berhubungan dengan para pelanggan Anda. Anda dapat mengirim email yang berisi informasi tentang bisnis Anda sehingga pelanggan selalu mengetahui informasi terbaru mengenai bisnis Anda.

Berikan kolom komentar di situs website Anda

Untuk memudahkan Anda mendapatkan umpan balik dari pelanggan, Anda dapat menampilkan kolom komentar di situs website Anda. Dengan demikian, pelanggan dapat langsung mengirimkan kritik dan saran.

Pastikan Anda memfilter komentar mana yang akan ditampilkan untuk mencegah komentar spam muncul.

Bagikan kuesioner setelah acara

Jika Anda tidak yakin bahwa pelanggan Anda ingin mengisi survei online atau email yang Anda kirim, mengapa tidak menyebarkannya secara offline?
Misalnya, setelah Anda melakukan acara offline, mintalah pelanggan yang hadir untuk mengisi kuesioner dari Anda. Anda sebaiknya membatasi jumlah pertanyaan sehingga pelanggan tidak butuh waktu lama untuk mengisinya.

Baca Juga  Peluang Bisnis Busana Muslim di Tengah Pandemi Covid-19

Berikan hadiah kepada pelanggan Anda

Tidak semua pelanggan ingin mengungkapkan pendapat mereka tentang produk atau layanan bisnis Anda. Oleh karena itu, memberikan hadiah bisa menjadi sebuah hal yang menggiurkan agar pelanggan berkenan untuk memberikan umpan balik terhadap produk atau jasa Anda.

Di sisi lain, Anda juga dapat mengadakan kontes ulasan terbaik di mana pelanggan dapat meninjau produk Anda di media sosial atau situs website mereka.
Hadiah yang diberikan tidak perlu menguras anggaran bisnis Anda. Anda dapat memberikan gantungan kunci, tumblr, t-shirt, voucher, uang tunai, dan sebagainya.

Bagaimana, apakah Anda siap meningkatkan kesuksesan bisnis Anda melalui umpan balik pelanggan? Tuliskan komentar Anda di bawah ini!

Baca juga : 4 Prinsip Menuntaskan Relasi Bisnis Keluarga Bebas Drama

Tinggalkan Balasan

mobil listrik di indonesia

Mobil Listrik di Indonesia

Penghentian audisi beasiswa PB Djarum oleh KPAI

Menuai Pro-Kontra, Berikut Beragam Fakta Dibalik Penghentian Audisi Beasiswa PB Djarum! Part 1