in

3 Kiat Penting Membangun Situs Bisnis yang ‘Mobile Friendly’

Keberadaan situs internet adalah sebuah kebutuhan penting bagi bisnis di era digital. Selain sarana branding, situs merupakan saluran untuk penjualan produk, baik barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh usaha Anda.

Melihat tren digital yang dituangkan dalam laporan survei We Are Social, 72 persen pengguna internet di Indonesia mengakses internet dari ponsel mereka, maka penting bagi setiap situs bisnis bersifat mobile friendly

Bagaimana cara membangun situs bisnis mobile friendly? Berikut tiga kiat yang bisa Anda cermati.

1. Buat situs yang cepat terunduh pada gawai

Kualitas jaringan internet di Indonesia dapat dikatakan belum merata kualitasnya. Dengan kecepatan jaringan yang terbatas, penting bagi Anda untuk mendesain situs versi mobile yang mudah dibuka.

Jika Anda sudah memiliki situs versi desktop, Anda dapat membuat versi mobile dengan tautan berbeda (biasanya menambahkan huruf ‘m’ pada tautan). Atau, opsi lain, Anda memilih desain responsive yang akan otomatis menyesuaikan dengan jenis gawai pembuka situs. Penilaian mobile friendly bisa dilakukan melalui pemeriksaan di mobile-friendly test milik situs Google.

2. Pilih elemen visual dan teks yang sederhana serta berukuran ringan

Tampilan visual yang menakjubkan secara artistik tidak selalu menjadi tolok ukur kesuksesan situs mobile friendly. Sesuai tujuan utama, yaitu menghadirkan situs yang mudah diakses dan digunakan, maka Anda wajib mendahulukan elemen-elemen situs berukuran ringan.

Pilih font standar yang mudah terunduh dan tentu saja, mudah terbaca. Perkecil ukuran gambar, namun tetap perhatikan kejelasan resolusinya. Hindari menggunakan elemen video rumit, misalnya dengan Flash, yang membutuhkan jumlah data dan waktu lebih banyak untuk membukanya.

3. Periksa selalu pengalaman pengguna

Dari sisi pengguna, sebuah situs dikatakan responsif saat menghadirkan pengalaman yang lancar. Lakukan survei berkala dan penelusuran mengenai pengalaman pengguna (user experience) secara rutin, termasuk menemukan titik-titik kelemahan yang bisa diperbaiki.

Beberapa aspek yang biasa dicari pengguna untuk kelancaran pengalaman berselancar di situs mobile, di antaranya tombol yang mudah di-klik, opsi menggunakan keypad atau keyboard versi lengkap, adanya informasi alamat dan kontak bisnis yang mudah disinkronisasi dengan aplikasi peta dan kontak pada ponsel.

Selain masalah desain, keberhasilan situs mobile-friendly Anda juga tergantung pada penggunaan algoritma yang mudah ditemukan di mesin pencari. Dengan perancangan yang komprehensif dan selalu up-to-date, situs bisnis Anda akan selalu menghasilkan keluaran positif bagi pemasaran sekaligus mendatangkan pendapatan bagi usaha Anda.

Baca Juga  Proyeksi IHSG Rebound Nol, Berikut Opsi Saham Hari Ini

Tinggalkan Balasan

kredit

Fitur Kartu Kredit yang Bikin Hemat Pengeluaran Anda! (Part 2)

Kuasai 4 Strategi Menaklukkan Generasi Z, Calon Pendatang Baru di Dunia Kerja dan Bisnis