in

Peluang Usaha di Musim Panas yang Menguntungkan

Peluang Usaha di Musim Panas yang Menguntungkan

Musim panas yang datang melanda wilayah Indonesia tak bisa dihindari. Bagi jiwa-jiwa pebisnis, tentu hal tersebut bisa dilirik sebagai salah satu peluang usaha di musim panas yang menguntungkan.

Negara Indonesia memang negara tropis yang memiliki dua musim, musim kemarau yang panas dan musim hujan yang cenderung dingin. Musim panas sangat identik dengan kekeringan yang melanda beberapa wilayah, sumber air dan sungai-sungai mengering, bahkan gagal panen di mana-mana.

Banyak pelaku usaha dadakan yang memanfaatkan datangnya musim panas ini untuk membuka lapak usaha. Banyak peluang usaha yang bisa dilirik di musim ini. Tergantung Anda memilih mana yang paling potensial mendatangkan keuntungan.

Berjualan Es atau Minuman Dingin

Ketika cuaca panas di siang hari yang terik, kegerahan dan rasa haus pasti melanda. Rasanya meneguk minuman dingin ataupun es akan menjadi solusi terbaik.

Minuman dingin dalam kemasan karton, gelas atau botol itu bakal membuat tenggorokan yang tadinya kering dan haus menjadi lega. Badan yang tadinya lesu dan malas beraktivitas karena gerah, akan bangkit bersemangat setelah minum minuman dingin.

Baca Juga  5 Strategi Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Anda bisa berjualan minuman dingin dalam kemasan. Jika modalnya kecil, Anda cuma butuh coolbox dan es batu untuk mendinginkan minuman. Jika punya modal lebih besar, Anda bisa membeli showcase atau lemari es.

Selain minuman dingin dalam kemasan, Anda juga bisa membuka lapak jualan es. Banyak varias es yang bisa Anda jual, misalnya es degan (kelapa muda), es sirup, es tebu, es campur, es buah, es cincau, dan lain-lain.

Berjualan Buah Segar atau Buah Potong

Peluang usaha menguntungkan lainnya yang bisa dijalankan di musim panas adalah berjualan buah segar. Anda bisa menjualnya dalam bentuh utuh, atau mungkin dalam bentuk potongan-potongan seperti rujak buah.

Buah-buahan segar seperti mangga, jeruk, semanga, melon, dan lain-lain bisa menjadi solusi mengatasi panasnya cuaca di siang hari. Mengkonsumsi buah-buahan tentu sangat baik untuk kesehatan badan. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah sangat direkomendasikan untuk disantap.

Selain dijual dalam bentuk utuh, buah-buahan segar itu bisa juga dijual dalam bentuk potongan. Buah potong yang disimpan bersama es batu tentunya merupakan sebuah kombinasi yang menyegarkan. Ada pula yang dijual dalam bentuk rujak manis dengan bumbu rujak yang nikmat. Ada juga yang dijual berupa salad buah.

Baca Juga  Memulai Bisnis Kaos? Berikut Tips Jitunya!

Buah-buahan ini juga bisa dijual dalam bentuk jus buah. Lapak jus buah juga sering ditemui di beberapa sudut tempat. Peluang bisnis jus buah ini dinilai paling potensial di antara bisnis buah-buahan lainnya.

Toko Elektronik

Membuka usaha toko elektronik juga memiliki potensi laris di musim panas. Banyak ibu rumah tangga atau anak kos yang membutuhkan kipas angin, atau AC untuk mengatasi panasnya cuaca sehari-hari.

Bisa dicek di toko elektronik terdekat, biasanya penjualan kipas angin dan AC bakal meningkat ketika musim panas tiba. Mulai dari merk Cina, hingga yang bermerk terkenal banyak dicari masyarakat.

Selain kipas angin dan AC, penjualan lemari es atau kulkas juga meningkat saat panas melanda. Begitu pula dengan showcase yang juga banyak dicari oleh para pelapak yang menjual minuman dingin dalam kemasan.

Usaha Reparasi Elektronik

Selain toko elektronik, membuka usaha reparasi elektronik juga berpotensi mendatangkan keuntungan. Ketika cuaca panas melanda, biasanya sebagian orang yang ogah beli barang baru, bakal mencari kipas angin lamanya di gudang.

Baca Juga  5 Cara Menjadi IB Forex

Kipas angin lama itu tersimpan sekian bulan ketika musim hujan datang. Ketika panas kembali melanda, biasanya kipas angin itu ditemukan dalam kondisi rusak. Tentu saja, karena malas membeli yang baru, membawanya ke tukang reparasi adalah solusi pertama.

Tak hanya usaha reparasi kipas angin, usaha reparasi lainnya, seperti reparasi AC dan kulkas juga berpotensi banyak peminatnya. Mereka banyak dicari oleh orang-orang yang biasanya sedang menghemat pengeluaran, sehingga tak mau beli barang baru.

Agen Travel Wisata

Membuka agen travel wisata juga sangat potensial mendatangkan lembaran uang ke dalam kantong. Musim panas biasanya musimnya orang berlibur.

Banyak tempat tujuan wisata yang memang tak bisa disinggahi jika musim hujan tiba. Seperti gunung atau pantai misalnya. Maka, pergi berlibur di musim panas adalah pilihan yang tepat.

Para calon wisatawan itu tentu membutuhkan travel atau paket wisata ke destinasi pilihan yang diinginkan. Tak heran jika banyak agen wisata yang bermunculan di musim liburan.

Ditulis Oleh Akaibara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *