in

Memperluas Bisnis ke Luar Negeri, Beranikah Anda?

Sebenarnya, memperluas bisnis ke luar negeri bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Ada banyak peluang yang bisa Anda gunakan. Memanfaatkan perkembangan teknologi dapat menjadi salah satu cara memperluas bisnis di luar negeri, terutama dengan menggunakan media sosial.

Dengan dapat mengembangkan bisnis secara internasional, itu berarti produk Anda memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi dan kompeten dalam bersaing dengan produk lain.

Diterjemahkan dari laman Go Trading Asia, yuk simak 5 Cara untuk Perluasan Bisnis ke Luar Negeri:

Meningkatkan Pengetahuan Pasar

Jika Anda ingin sukses di bidang baru, Anda harus memiliki banyak pengetahuan tentang bidang baru yang ingin Anda kuasai. Ini adalah cara memperluas bisnis Anda ke luar negeri yang dapat Anda ambil sebagai langkah pertama. Anda harus memahami bahasa setempat, persyaratan, preferensi pelanggan, perbedaan budaya, dan peraturan yang berlaku di sana.

Dengan melakukan hal ini, Anda akan dapat menjalankan operasi industri. Lalu, Anda dapat mengembangkan strategi terbaik sehingga bisnis Anda dapat tumbuh dan sukses di pasar baru.

Baca Juga  Yuk Mari Mencicipi Manisnya Bisnis Thai Tea!

Pendekatan Pasar

Setelah Anda berhasil mengumpulkan semua informasi atau pengetahuan tentang pasar yang Anda pilih atau targetkan, cara selanjutnya untuk memperluas bisnis Anda ke luar negeri adalah memilih pendekatan terbaik.

Anda dapat melakukan pendekatan pasar dengan memetakan potensi pasar dan menganalisis pesaing.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat mengukur berapa banyak sumber daya yang harus diinvestasikan sehingga hasilnya optimal.

Analisis mendalam tersebut akan membantu Anda untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan demografi dan target konsumen, sehingga pendapatan Anda juga dapat maksimal.

Pilih Mitra yang Tepat

Jika Anda ingin berekspansi ke luar negeri, Anda mungkin harus mencari banyak aliansi atau kemitraan lokal di pasar sasaran Anda. Memperluas bisnis di luar negeri akan meminimalkan risiko yang ada, tetapi juga sangat membantu untuk mendapatkan akses ke berbagai hubungan lokal seperti jaringan bisnis, produsen, hingga badan hukum. Oleh karena itu, cara ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan bisnis di pasar baru nanti.

Baca Juga  Mencicipi Pedasnya Ayam Geprek, Siapa Takut?

Setelah mendapatkan mitra yang tepat, Anda harus mempertimbangkan untuk membentuk tim  yang bertugas mengelola wilayah dalam hal distribusi, logistik, perpajakan, keuangan, dan masalah manajemen bisnis lainnya.

Bangun Strategi GTM (Go-to-Market) yang Kuat

Strategi GTM ini dibuat agar bisnis Anda dapat lebih fokus pada pengiriman produk. Jika Anda ingin membuat strategi GTM yang kuat, Anda harus menetapkan target pasar terlebih dahulu, setelah itu melakukan riset tentang ukuran pasar, perubahan potensial dan dinamika internal.

Setelah itu, Anda dapat mulai menganalisis pelanggan potensial dan strategi layanan yang baik untuk mereka. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat membuat strategi yang berfokus pada USP atau Unique Selling Point bisnis Anda dan membangun merek Anda ke pasar sasaran.

Teliti Peraturan Hukum Negara Tujuan

Anda harus teliti dan memeriksa bagaimana peraturan dan hukum bisnis yang ada di negara tujuan. Hal ini dikarenakan Anda akan menghadapi tantangan dari peraturan hukum baru saat berekspansi ke negara lain.

Baca  juga : Bisnis untuk Pensiunan, Sudahkah Anda Memikirkannya?

Baca Juga  5 Referensi Waralaba yang Patut Anda Coba

Ditulis Oleh Fenda Agustina

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…