in

Peluang Bisnis Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Masker di Tengah Pandemi Covid-19
Wanita bermasker (C) SHUTTERSTOCK

Masker menjadi salah satu barang langka di tengah pandemi covid-19 (virus corona) saat ini. Karenanya, bisnis masker diprediksi bakal berjaya, setidaknya hingga pandemi ini mereda.

Masker medis N95 yang tadinya berharga murah, tiba-tiba harga jualnya melambung tinggi. Secara prinsip ekonomi hal ini disebabkan oleh jumlah permintaan barang lebih besar dan tak sebanding dnegan jumlah stok barang. Bisa jadi, hal tersebut karena adanya penimbunan masker oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Sudah disiapkan hukuman untuk para penimbun ini.

Ketika masker standar kesehatan itu langka, sebenarnya Anda bisa menggunakan masker kain. Meski ada pakar kesehatan yang menyebut kurang efektif, setidaknya masker kain bisa digunakan menyaring penularan virus antara 10-60 persen partikel virus. Namun, dengan menggunakan masker kain, masyarakat turut membantu para tenaga medis yang menangani virus corona. Sebab, masker kain N95 penggunaannya bisa dikhususkan untuk tenaga medis tersebut.

Menjadi Produsen atau Distributor Masker Kain?

Jika ingin berbisnis masker, Anda memiliki dua pilihan saja. Anda ingin menjadi produksen masker atau sekadar distributor yang memebeli masker untuk dijual kembali.

Baca Juga  Trading Halt Terjadi Lagi di Perdagangan Hari Ini

Meski tak ada larangan untuk menjual masker N95 yang ketersediaannya langka, namun para pebisnis disarankan untuk menjual masker kain saja. Alasan utamanya, masker N95 dikhususkan penggunaannya untuk para tenaga medis yang berjuang menyembuhkan para pasien covid-19.

Jika menjadi produsen masker kain, Anda harus memikirkan modal, kain dan bahan baku lainnya, Soal teknik dan strategi pemasarannya tak perlu Anda pusingkan. Sebab, saat ini banyak orang yang sedang mencari masker sebagai pelindung diri dari virus corona.

Selain menjadi produsen, Anda juga bisa menjadi distributor masker kain. Di sini, tugas Anda tinggal menjual kembali masker kain yang dibeli, tanpa perlu memikirkan biaya dan bahan baku produksi. Anda tinggal pintar-pintar memasarkannya.

Walaupun tak ada yang melarang, Anda tak disarankan menjadi distributor masker kain. Saat ini harga masker sudah cukup mahal dari produsen. Semakin banyak orang berstatus sebagai distributor yang membeli masker untuk menjualnya kembali, artinya semakin makal masker tersebut. Tiap penjual tentu ingin mendapatkan keuntungan masing-masing atas barang jualannya. Jika masker tersebut melewati dua-tiga orang distributor maka bisa dibayangkan semakin mahal harganya sampai ke tangan konsumen.

Baca Juga  Peluang Bisnis Online Shop di Tengah Pandemi Covid-19

Apa Etika Bisnis Masker di Tengah Wabah Virus Corona?

Menjalankan bisnis masker, baik sebagai produsen maupun distributor tentu ada etikanya. Memang tak tertulis, namun etika itu harus benar-benar dipahami oleh para pebisnis masker.

Seperti yang sudah dibahas di atas, sebaiknya Anda berbisnis masker kain ketimbang menjual masker N95 (yang khusus untuk tenaga medis) kepada masyarakat. Kalau Anda ingin membuat masker N95 sebenarnya tak masalah, asalkan masker tersebut didistribusikan penggunaannya untuk para petugas medis.

Jika Anda memutuskan menjadi seorang distributor masker kain, jualah dagangan dengan harga sewajarnya saja. Jangan aji mumpung, memanfaatkan situasi banyaknya permintaan masker di tengah pandemi covid-19 dengan mencekik konsumen dengan harga selangit. Ingat, bukan cuma penimbun masker yang diancam oleh hukuman penjara dan denda, melainkan para pedagang makser dengan harga tinggi juga.

Bisnis Masker Kain Bisa Dilakukan di Rumah?

Bisnis masker kain ini bisa dilakukan di rumah, sehingga cocok dilakukan di tengah pendemi virus corona. Pastinya, Anda tak butuh tempat khusus untuk menjajakannya.

Baca Juga  Karantina Uang Lebaran oleh Bank Indonesia

Jika Anda memilih menjadi produsen masker, manfaatkan rumah sebagai tempat untuk memproduksinya. Kalau Anda memproduksinya dengan skala besar, rekrut tetangga sekitar atau teman untuk ikut menggarapnya, dengan catatan jumlah orangnya masih dalam batas wajar sesuai yang dianjurkan sebagai prinsip social distancing di tengah wabah corona.

Rumah juga bisa dipakai kalau Anda memutuskan menjadi distributor masker kain. Anda bisa mempromosikan masker-masker dagangan dengan memanfaatkan jaringan internet. Posting saja foto atau video produk Anda melalui akun media sosial dengan menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda tinggal menunggu pesanan di rumah, sambil menjawab sejumlah pertanyaan yang mungkin datang dari calon pembeli. Jika ada kesepakatan, maka barang segera dikirimkan, bisa melalui kurir atau jasa paket.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 15 April 2020

Ekonomi China diramalkan merosot

Ekonomi China Diramalkan Merosot Karena Corona