in

Peluang Bisnis Online Shop di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Online Shop di Tengah Pandemi Covid-19
Bisnis online shop dijalankan lewat smartphone pun bisa (C) SHUTTERSTOCK

Sebelum adanya pandemi virus corona (covid-19), bisnis online shop sudah marak dan menjadi pilihan banyak orang. Lalu, bagaimana peluang bisnis online shop di tengah pandemi covid-19 (virus corona) sekarang ini?

Sejumlah orang tertarik terjun ke bisnis online karena sistemnya yang fleksibel dan sederhana. Sebab, bisnis ini bisa dijalankan di rumah, tanpa harus mencari lokasi tempat berjualan, seperti toko, warung, atau sejenisnya. Tentu saja, hal ini sejalan dengan prinsip social distancing dan physical distancing yang digalakkan Pemerintah RI dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Di rumah, Anda bisa mengendalikan bisnis ini dalam segala hal. Anda cukup mempromosikan barang jualan dengan memaksimalkan luasnya jangkauan internet. Anda bisa mengunggah foto atau video produk yang dijual melalui akun media sosial dengan menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jika ada kesepakatan dengan calon pembeli, barang tinggal Anda kirimkan sesuai dengan alamat yang diberikan. Untuk pengiriman ini, jika tak ingin keluar rumah, Anda bisa memaksimalkan jasa kurir atau jasa pengiriman barang ke luar daerah.

Sistem Usaha Online Shop

Ada sejumlah sistem usaha online shop yang patut diketahui sebelum menggeluti bisnis ini. Di sini, Anda bisa bertindak sebagai produsen, maupun distributor. Untuk distributor pun, terbagi menjadi berbagai sisten, yakni reseller dan drop ship.

Baca Juga  Pertumbuhan Pasar Australia Di Tengah Peningkatan Pengawasan Regulasi

Sebagai produsen, Anda bertindak sebagai pemroduksi barang yang dijual. Lalu, Anda bisa menjual barang itu sendiri, atau melalui orang lain sebagai distributor. Jika memilih menjadi produsen, hal yang harus Anda pikirkan adalah bahan baku dan modal sebagai ongkos produksi.

Jika tak punya banyak modal, Anda bisa bertindak sebagai distributor yang hanya menjualkan barang yang diproduksi orang lain. Di sini, Anda bisa membeli barang, lalu menjualnya lagi dengan harga yang lebih mahal sebagai keuntungan, atau disebut sisten reseller.

Yang cuma modal kuota internet, sebaiknya mencoba sistem dropship. Sistem ini membuat Anda tak perlu ‘kulak’ atau membeli barang yang akan dijual. Anda cuma menawarkan barang jualan orang lain, mirip seperti makelar yang cuma modal omongan. Jika ada kesepakatan harga, si penjual asli lah yang mengurusi soal pengiriman barang tersebut. Anda pun akan mendapatkan komisi sesuai yang disepakati dengan si penjual.

Kelebihan Bisnis Online Shop

Dengan tidak saling bertemu antara penjual dan pembeli, tentu bisnis online shop diprediksi bakal tumbuh subur di tengah pandemi virus corona. Ada sejumlah kelebihan bisnis ini yang bisa menjadi daya tarik. Jadikan kelebihan ini untuk memaksimalkan potensi laba yang bisa diraup.

Baca Juga  5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam ke Bank

Karena bisa dihandle di rumah, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli atau sewa toko, warung, dan sejenisnya untuk tempat menjalankan usaha. Dana tersebut bisa dialihkan ke kebutuhan lainnya.

Dengan memaksimalkan luasnya jangkauan internet dan media sosial, barang yang Anda jual akan lebih mudah dikenal publik. Peluang untuk laku pun semakin terbuka lebar. Anda harus benar-benar memaksimalkan potensi ini, toh cuma bermodalkan gadget dan kuota internet saja.

Risiko Online Shop

Selain memiliki kelebihan, bisnis online shop juga punya risiko yang harus ditanggung. Risiko itu sebisa mungkin harus diminimalisir jika ingin bisnis Anda berjalan lancar.

Risiko utama yang dihadapi para pebisnis online shop adalah ancaman penipuan dari oknum pembeli. Umumnya, modus penipuan yang mereka gunakan adalah mengirimkan bukti transfer ongkos pembelian barang. Karenanya, sebisa mungkin Anda harus cermat melihat bukti transfer dari pembeli.

Dituduh sebagai online shop penipu adalah risiko lain yang harus Anda hadapi. Kadang, ada saja calon pembeli yang rese asal tuduh karena tidak puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda harus sebisa mungkin menjaga kredibilitas online shop yang dikelola. Jangan sampai kepercayaan dari calon pembeli luntur. Misalnya, ramah dalam pelayanan, sabar dalam menjawab setiap pertanyaan, dan terpenting tepat waktu dalam pengiriman barang.

Baca Juga  Ingin Memulai Bisnis Waralaba? Simak Keuntungannya!

Menyiapkan Bisnis Online Shop

Menyiapkan bisnis online shop sama halnya dengan menyiapkan bisnis lainnya. Perencanaan yang matang bakal menentukan kesuksesan bisnis Anda.

Pertama, Anda harus memiliki gambaran mengenai apa yang akan dijual secara online. Pilihlah barang yang sekiranya banyak diminati masyarakat. Di tengah pandemi virus corona ini, barang yang cepat laku adalah masker, hand sanitizer, dan lain-lain.

Selanjutnya siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis Anda. Cukup smartphone atau laptop yang akan menjdi senjata andalan Anda. Selain itu, siapkan pula jaringan internet yang memadai agar bisnis online Anda tak terkendala.

Sejarah Perkembangan Rupiah

Sejarah Perkembangan Rupiah yang Harus Anda Tahu (Part 1)

Bansos PKH Dicairkan

Bansos PKH Dicairkan Sri Mulyani