in

Peluang Usaha Ojek Online di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Usaha Ojek Online di Tengah Pandemi Covid-19
Ojek online cantik (C) @Cut_Try

Banyak orang yang sudah menggeluti usaha Ojek Online hingga menjamur sebelum pandemi virus corona (covid-19) menyerang Indonesia. Lalu, bagaimana peluang usaha tersebut saat ini? Bisa bertahan ataukah berpotensi gulung tikar?

Usaha ojek online ini diminati oleh banyak orang karena hanya dengan bermodalkan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, dan smartphone beraplikasi khusus, orang sudah bisa ngojek. Aplikasi khusus dari penyedia jasa ojek online itulah yang akan membantu si tukang ojek mendapatkan orderan.

Sebelumnya, terdapat banyak layanan yang bisa diorder pelanggan kepada si tukang ojek melalui aplikasi. Mulai dari mengantar ke tempat tujuan, mengantar barang, makanan, dan lain-lain. Profesi ojek online pun akhirnya menjamur seiring banyaknya pelanggan. Kebanyakan para pelanggan merasa ketagihan dengan kenyamanan yang ditawarkan ketimbang moda transportasi jarak dekat lainnya.

Kehadiran ojek online sempat ditentang oleh para ojek konvensional (tanpa aplikasi) dan sopir angkot. Mereka merasa tersaingi dan kalah karena pendapatan menurun sejak adanya ojek online. Para penumpang banyak yang beralih menggunakan ojek online daripada moda transportasi yang mereka tawarkan.

Baca Juga  Laba Sari Roti Dikabarkan Naik 20 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Masih ada peluang bagi usaha ojek online bisa terus berlanjut di tengah pandemi virus corona saat ini. Meski geraknya dibatasi, setidaknya para ojek online masih bisa berkelit untuk tetap mengais pendapatan.

Saat ini, ojek online hanya bisa melayani jasa antar barang setelah perusahaan menghapuskan layanan mengantar orang. Penghapusan layanan tersebut oleh perusahaan yang bersangkutan tak lepas dari pandemi covid-19 yang merebak.

Mau tak mau, mereka yang menggeluti usaha ojek online ini harus memaksimalkan layanan yang tersisa. Dua layanan yang menjadi andalan mereka saat ini adalah mengantar barang dan membeli makanan. Dua layanan itulah yang dinilai masih relevan berdasarkan upaya pencegahan penyebaran virus corona saat ini.

Ojek Online Bantu UMKM

Saat ini, simbiosis mutualisme antara ojek online dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) semakin erat terjalin. Di tengah pandemi virus corona, keduanya memang semakin mesra menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Dihapuskannya layanan antar orang yang membuat ojek online fokus pada layanan antar barang dan makanan membuat sektor UMKM berjaya. Usaha mereka terbantu dari segi pengiriman kepada konsumen. Baik UMKM di bidang makanan dan selain makanan bisa tetap bernapas lega dan melanjutkan usaha mereka.

Baca Juga  Gara-gara Corona, FLS 2020 Harus Digelar Online

Meningkatnya volume pesanan dari para pengusaha UMKM itu menjadi keuntungan tersendiri untuk para ojek online. Mereka pun tetap bisa mengais rezeki di tengah pandemi virus corona dengan mengandalkan layanan yang tersisa.

Harga Minyak Mentah Kembali Meroket

Harga Minyak Mentah Kembali Meroket

Peluang Bisnis Pulsa dan Paket Internet di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Pulsa dan Paket Internet di Tengah Pandemi Covid-19