in

Peluang Bisnis Pulsa dan Paket Internet di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Pulsa dan Paket Internet di Tengah Pandemi Covid-19
Pebisnis pulsa (C) SHUTTERSTOCK

Banyak bisnis dan usaha yang terdampak pandemi virus corona (covid-19) yang menyebar di Indonesia. Lalu, bagaimana peluang bisnis pulsa dan paket internet di tengah pandemi tersebut? Mampukah bertahan atau terancam gulung tikar juga?

Bisnis pulsa sudah marak sejak maraknya masyarakat menggunakan handphone di awal tahun 2000-an. Awalnya, mereka berjualan pulsa di konter. Di konter tersebut, mereka tak cuma menjual pulsa, baik berbentuk elektrik maupun berbentuk voucher. Mereka pun menjual handphone, kartu perdana dan aneka asesoris handphone.

Namun, semenjak semakin mudahnya orang membeli pulsa dengan nominal banyak hingga jutaan dan kemudahan dalam mentransferkannya pada nomor handphone lain, bisnis ini mengalami pergeseran. Yang pertama kali berubah adalah orang tak lagi membutuhkan konter untuk berjualan pulsa. Selain itu, siapa pun bisa menjual pulsa, tak harus konter.

Tak heran jika sejak kemudahan itu ada, banyak orang mengklaim dirinya sebagai penjual pulsa. Toko-toko klontong yang tak mengkhususkan diri sebagai konter ikut menjual pulsa. Warung makan yang sejatinya melayani isi perut pun ikut menjual pulsa. Bahkan, para mahasiswa dan pelajar pun menjajakan pulsa ke teman kampus dan sekolah mereka.

Baca Juga  Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui

Fenomena perubahan kembali muncul ketika lahir handphone android (smartphone) yang pengoprasiannya membutuhkan paket data internet. Para pebisnis pulsa kemudian mengembangkan usahanya dengan menjual paket internet. Selain voucher, mereka kerap menjual nomor perdana yang memang khusus menawarkan paket data (yang biasanya sekali pakai lalu dibuang ketika paket habis).

Bisnis ini diprediksi akan tetap berjalan meski perekonomian didera pandemi virus corona. Hampir tidak ada efek yang berarti bagi para penjual pulsa dan paket internet di tengah wabah ini. Orang-orang masih banyak yang butuh pulsa, paket internet, sekalipun social distancing diterapkan.

Justru, dengan anjuran melakukan segala kegiatan di rumah dan tidak keluar rumah, kebutuhan akan pulsa dan paket internet semakin meningkat. Faktanya, internet dapat mengusir kebosanan di rumah saja, membantu mereka yang belajar dari rumah, dan bekerja dari rumah.

Kelebihan dan Risiko Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Setiap bisnis pasti ada kelebihan dan risiko masing-masing. Begitu pula bisnis pulsa dan paket internet ini. Yang terpenting, sebagai pebisnis, Anda harus bisa memaksimalkan kelebihan dan meminimalisir risikonya.

Kelebihan utama bisnis ini Anda bisa menjalankannya di mana pun dan kapan pun. Anda tak perlu konter jika sekadar menjual pulsa tanpa menjual handphone dan asesorisnya. Cuma bermodalkan handphone yang tentunya berisikan stok pulsa, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Baca Juga  Peluang Bisnis Kuliner Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Tak ada batasan jumlah pulsa yang bisa distok, sehingga berapa pun modal yang dimiliki, Anda bisa berjualan pulsa dan paket internet. Selain itu, tak ada masa kadaluarsa untuk pulsa yang Anda jual, sehingga Anda bisa menawarkannya tanpa ada batasan hari hingga laku. Namun, melihat kebutuhan orang-orang tiap hari akan pulsa, maka tak mungkin jika dalam sehari Anda tak dapat menjual pulsa.

Risiko yang mengancam bisnis ini ketika sistem pengisian pulsa sedang error atau dalam masa maintenis. Situasi tersebut memaksa Anda tak bisa melayani pembeli yang membutuhkan asupan pulsa atau paket internet. Ketika hal itu terjadi, laporkan pada customer servis yang menyediakan layanan pengisian pulsa. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu proses perbaikan selesai sebelum kembali melayani pembeli.

Cara Pebisnis Pulsa dan Paket Internet Bertahan

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh pebisnis pulsa untuk tetap bertahan di tengah pandemi covid-19. Seberapa kuat bertahan ditentukan oleh upaya Anda untuk tetap menjaga bisnis ini terus berkembang.

Baca Juga  Virus Corona Mempengaruhi Ekonomi RI

Di tengah pandemi covid-19, Anda terancam kehilangan pelanggan yang biasanya membeli pulsa langsung dengan bertatap muka. Merebaknya wabah ini memaksa orang menaati untuk tidak ke mana-mana dan di rumah saja. Hal ini membuat aktivitas sosial Anda berkurang, sehingga peluang menggaet pelanggan baru jadi berkurang.

Anda hanya bisa mengandalkan pembeli yang sudah menjadi langganan. Umumnya, antara pembeli dan penjual pulsa sudah saling mengenal. Mereka yang sudah menjadi langganan biasanya akan menghubungi melalui pesan singkat atau aplikasi chat jika butuh pulsa, kemudian ongkosnya bakal diberikan kemudian ketika bertemu, atau ditransferkan.

Pelanggan baru mungkin bisa Anda dapatkan melalui media sosial. Caranya, Anda harus mempromosikan jasa pengisian pulsa melalui akun media sosial. Namun, ada tantangan tersendiri jika Anda melakukan cara satu ini. Ada saja netizen yang tidak sepenuhnya percaya pada penjual online, mengingat maraknya kasus penipuan oknum online shop, di mana banyak calon pembeli yang tertipu setelah mentransfer sejumlah uang.

Peluang Usaha Ojek Online di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Usaha Ojek Online di Tengah Pandemi Covid-19

Penumpang MRT Merosot

20 April, Registrasi Kartu Prakerja Gelombang II Dimulai