in

Peluang Usaha Laundry di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Usaha Laundry di Tengah Pandemi Covid-19
Usaha laundry (C) SHUTTERSTOCK

Banyak yang bertanya mengenai peluang usaha laundry bisa bertahan di tengah pandemi covid-19 (virus corona). Wajar, karena para pengusaha kini diterpa kecemasan akan kelangsungan usaha masing-masing. Lalu, bagaimanakah peluang usaha ini untuk bertahan?

Diakui atau tidak, usaha laundry yang tergolong Usaha Mikro Kecil Menengah ikut terdampak adanya wabah virus corona sekarang ini. Selama pandemi ini merebak, aktivitas warga di luar rumah dibatasi demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Praktis, hal ini menyebabkan berkurangnya pelanggan yang memasukkan pakaiannya ke laundry. Situasi orang-orang yang di rumah saja, bekerja dari rumah, dan anak-anaknya belajar dari rumah, membuat mereka punya cukup banyak waktu di rumah. Jika biasanya mereka menaruh pakaian kotor di laundry, sekarang bisa mencuci pakaianya sendiri.

Kelebihan, Tantangan dan Risiko Usaha Laundry

Daya tarik utama orang-orang memilih bisnis ini adalah praktis dan bisa dikerjakan di rumah. Apalagi jika rumah Anda berada di lingkungan mahasiswa yang tinggal di rumah kost. Selain kalangan mahasiswa, kaum pekerja musiman (yang juga tinggal di tempat kost) biasa menjadi pelanggan laundry.

Baca Juga  15 Tips Menjadi Vlogger Yang Terkenal

Anda bisa membuka usaha laundry kecil-kecilan di rumah tanpa harus menyewa atau membeli tempat khusus untuk dijadikan lokasi usaha. Anda tinggal menyulap salah satu ruangan di rumah, biasanya garasi mobil, atau halaman rumah yang disekat, untuk dijadikan tempat menyimpan mesin cuci.

Ada tantangan tersendiri ketika Anda terjun sebagai pebisnis laundry. Dibutuhkan ketelitian dan kecepatan dalam menggeluti bisnis satu ini. Anda harus teliti karena menyangkut amanah membuat pakaian orang lain menjadi bersih sebelum orang itu mengambilnya kembali dan memberi Anda ongkos jasa. Kecepatan juga menjadi salah satu poin penting yang bisa menjadi kelebihan bagi usaha Anda di mata pelanggan.

Risiko yang harus Anda hadapi biasanya adalah adanya potensi pakaian pelanggan tertukar, rusak, atau hilang. Lagi-lagi, dibutuhkan ketelitian agar terhindar dari risiko pelanggan meminta ganti rugi atas kesalahan-kesalahan tersebut.

Cara Pengusaha Laundry Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Ada sejumlah alasan yang membuat pengusaha laundry berpeluang bertahan di tengah pandemi covid-19 sekarang ini. Setidaknya, bisnis ini tak terlalu terdampak, mengingat aktivitasnya tetap bisa dikerjakan tanpa keluar rumah.

Baca Juga  Penormalan Kegiatan Ekonomi Didukung Pengusaha

Di masa seperti sekarang ini, ada mahasiswa atau pekerja harian yang memutuskan pulang kampung karena kampus atau tempat kerja mereka libur. Namun, ada pula yang memilih tetap bertahan di rumah kost demi menaati imbauan pemerintah untuk tidak bepergian.

Diakui atau tidak, pelanggan setia bisnis laundry ini berkurang. Yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hal ini, tentu mencari pelanggan baru. Untuk menarik minat pelanggan baru, Anda bisa menawarkan sejumlah promo. Misal, laundry lima kali gratis satu kali, laundry lima kilogram gratis satu kilogram, layanan antar jemput pakaian kotor, dan lain-lain.

Anda juga bisa mempromosikan usaha laundry melalui media sosial dengan memaksimalkan internet. Anda bisa menyebarkannya ke grup-grup lapak usaha, atau secara personal ke teman-teman yang dikenal, dengan jarak rumah yang masih bisa dijangkau.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 17 April 2020

Peluang Bisnis Hand Sanitizer Rumahan di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Hand Sanitizer Rumahan di Tengah Pandemi Covid-19