in

Peluang Bisnis Hand Sanitizer Rumahan di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Hand Sanitizer Rumahan di Tengah Pandemi Covid-19
Pemakai hand sanitizer (C) SHUTTERSTOCK

Selain bisnis jual beli masker, bisnis hand sanitizer juga tengah marak di tengah pandemi covid-19 (virus corona). Lalu, bagaimana peluang bisnis ini terus bertahan andai pandemi ini berakhir?

Hand sanitizer seolah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat saat ini. Cairan pembersih tangan ini diyakini sebagai media paling ampuh untuk menangkal virus corona. Sebab, virus ini diyakini menyebar dari kontak fisik tangan.

Diakui atau tidak, kesadaran masyarakat untuk hidup sehat di tengah pandemi virus corona semakin meningkat. Mungkin mereka yang tadinya tidak terlalu perhatian terhadap kesehatan masing-masing, kini mencoba untuk hidup sehat. Yang tadinya tak punya perhatian khusus pada konsisi kesehatannya, kini ke mana-mana membawa botol hand sanitizer.

Kelebihan dan Risiko Bisnis Hand Sanitizer Rumahan

Bisnis hand sanitizer rumahan untuk saat ini punya potensi mendatangkan keuntungan. Namun, tak lepas dari risiko, sebagaimana bisnis lain pada umumnya.

Bisnis hand sanitizer merupakan salah satu bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Jika sebelumnya hand sanitizer banyak dibikin di pabrik, kini orang rumahan pun bisa membuatnya sendiri. Hal ini membuka peluang siapa saja bisa menjadi pebisnis hand sanitizer.

Baca Juga  Stimulus Untuk Menjaga Pasar Saham dari Pemerintah

Kelebihan bisnis ini lainnya adalah Anda tak perlu menentukan segmen pasar untuk memasarkannya. Sebab, kebutuhan masyarakat akan barang kesehatan satu ini sekarang bisa dibilang meningkat. Anda tinggal mencari siapa yang berminat membeli produk hand sanitizer yang dijual.

Selain bisa menjadi produsen hand sanitizer, Anda juga bisa cukup menjadi penyalur atau reseller. Selain modal yang dibutuhkan lebih sedikit ketimbang menjadi produsen, Anda juga tak perlu meracik sendiri.

Risiko utama yang harus dihadapi pebisnis hand sanitizer ini adalah ketika pandemi covid-19 berakhir. Bisa saja minat masyarakat terhadap produk kesehatan ini menurun, yang jelas berdampak pada menurunnya minat beli mereka.

Yang terpenting, jual lah produk hand sanitizer Anda dengan harga yang wajar. Jika menjualnya dengan harga selangit dengan niat aji mumpung, bukan tak mungkin Anda malah akan apes. Bisa saja produk Anda terancam tak laku, atau yang terparah ada ancaman pidana pula.

Cata Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Cara membuat hand sanitizer sendiri yang juga bisa Anda pasarkan ternyata sangatlah mudah. Bahan-bahannya pun gampang untuk didapatkan di pasaran tanpa ada syarat khusus untuk membelinya.

Baca Juga  4 Tips Memaksimalkan Keuntungan Bisnis Pakaian Muslim

Dilansir dari SCMP, ada lima bahan utama untuk pembuatan hand sanitizer. Anda cuma butuh 120 ml cuka putih, 120 ml lidah buaya, 10-12 tetes minyak atsiri, 1 sendok makan colloidal silver, dan isopropil alkohol.

Cara membuatnya gampang, Anda cukup mencampur semua ke dalam mangkuk. Aduk, lalu masukkan ke dalam botol. Sebaiknya, gunakan botol kecil agar lebih praktis.

Peluang Usaha Laundry di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Usaha Laundry di Tengah Pandemi Covid-19

mitos investasi properti

Mitos Tentang Investasi Properti yang Jangan Dipercaya